kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KKP klaim kinerja 2016 terbaik, ini alasannya


Jumat, 06 Januari 2017 / 19:41 WIB
KKP klaim kinerja 2016 terbaik, ini alasannya


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Tahun 2016 diklaim sebagai periode pencapaian prestasi terbaik bagi Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan. Mereka klaim berhasik memeriksa 3.783 kapal perikanan di laut.

Hasilnya, PSDKP berhasil mengamankan 163 unit kapal yang terbukti melakukan illegal fishing, 140 unit kapal perikanan asing dan 23 unit kapal sisnya merupakan kapal perikanan Indonesia. Kebanyakan kapal asing tersebut berbendera Vietnam, Filiphina, Malaysia, Thailand dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Selain itu, mereka juga berhasil menangani kasus lainnya seperti operasi tangkap tangan perdagangan insang pari manta di Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Pemanfaatan hiu paus ilegal di Maluku, perdagangan telur penyu di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, serta perdagangan ikan napoleon di Kalimantan Timur.

Sepanjang tahun lalu, PSDKP bersama dengan TNI AL dan POLRI telah menenggelamkan sebanyak 115 kapal dengan rincian 59 kapal Vietnam, 22 kapal Filiphina, 27 kapal Malaysia, 1 kapal RRT, 1 kapal Nigeria, 1 kapal Belize, dan 5 kapal Indonesia.

Untuk urusan Anak Buah Kapal (ABK), KKP telah berhasil memulangkan 228 ABK ke negara asalnya Vietnam.  Bila tidak kami pulangkan maka akan terus membebani negara untuk menghidupi mereka," kata Syarief Widjaja Sekjen KKP dalam konferensi pers, Jumat (6/1).

Tak hanya itu, KKP juga berhasil menarik 140 nelayan Indonesia yang ditahan di Australia, Malaysia, dan Thailand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×