kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Keyakinan Konsumen Meningkat Pada Periode Ramadan 2024


Selasa, 16 April 2024 / 11:06 WIB
Keyakinan Konsumen Meningkat Pada Periode Ramadan 2024
ILUSTRASI. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2024 sebesar 123,8, lebih tinggi dibandingkan Februari 2024 yang mencapai 123,1


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Keyakinan konsumen mengalami peningkatan pada periode Ramadan atau Maret 2024, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2024 sebesar 123,8, lebih tinggi dibandingkan  Februari 2024 yang mencapai 123,1.

Asisten Gubernur BI Erwin Haryono menyampaikan, meningkatnya keyakinan konsumen pada Maret 2024 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang menguat dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tetap optimistis.

IKE tercatat meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama Indeks Penghasilan Saat Ini.

Baca Juga: Aset Safe Haven Jadi Pilihan Investasi di Tengah Memanasnya Konflik Iran-Israel

“Sementara itu, IEK tetap kuat terutama ditopang oleh Indeks Ekspektasi Penghasilan,” tutur Erwin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/4).

Untuk diketahui, Survei Konsumen Maret 2024 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat.

Secara spasial, IKK meningkat di sebagian kota yang disurvei, terbesar di Kota Bandung sebesar 6,0 poin, diikuti Mataram 5,0 poin dan Surabaya 2,6 poin.

Sementara itu, sebagian kota lainnya mencatat penurunan IKK, terutama di Kota Padang sebesar 16,4 poin, diikuti Manado 8,3 poin dan Ambon 7,1 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×