kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,92   2,74   0.32%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ketua Satgas Covid-19 imbau pasien Covid-19 tak ragu datangi isolasi terpusat


Senin, 26 Juli 2021 / 20:11 WIB
Ketua Satgas Covid-19 imbau pasien Covid-19 tak ragu datangi isolasi terpusat
ILUSTRASI. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito (tengah) berbincang dengan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (ketiga kanan),

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito mengimbau, masyarakat yang sudah terkonfirmasi Covid-19 untuk tidak ragu-ragu melakukan isolasi di tempat isolasi terpusat (Isoter) yang disediakan baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

"Karena isolasi terpusat tersebut disiapkan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat sudah disiapkan tenaga medisnya lalu disiapkan obat-obatnya dan juga kegiatan treatment yang bisa meningkatkan pemulihan kondisi kita dari terpapar menjadi negatif," tegas Ganip saat Preskon Virtual yang disiarkan melalui kana YouTube BNPB, Senin (26/7).

Adapun untuk di Jakarta pemerintah telah menyiapkan Isoter mulai dari RSDC Kemayoran, Rusun Nagrak, Rusun Pasar Rumput dan tempat isolasi terkendali yang dikendalikan oleh pemerintah daerah.

Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebut corona di Jakarta turun dan terkendali

Kapasitas tiga Isoter di Jakarta, mampu menampung 10.000 pasien. Ganip mengatakan, kondisi ketiga Isoter tersebut saat ini keterisiannya sangat kecil.

"Untuk RSDC Kemayoran sudah ditingkatkan tapi kapasitasnya. Hari ini BOR-nya sekitar 47%, Kemudian untuk Nagrak itu baru terisi 260 orang jadi masih sangat kosong," ujarnya.

Kondisi yang sama juga terjadi di Isoter Rusun Pasar rumput. Ganip menyebut dari ketersedian hampir 6.000 tempat tidur, namun saat ini baru terisi sekitar 110 tempat tidur.

Di daerah lain, seperti Solo dan Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) telah disiapkan tiga tempat isoter yang memiliki kapasitas sekitar 600 tempat tidur. Tiga lokasi tersebut yaitu Asrama UGM, UNY dan asrama milik Kementerian PUPR.

"Di Solo juga demikian sudah menyiapkan Pemerintah Daerah 1.700 tempat tidur, ini baru terisi 400. Karena masyarakat belum memahami. Saya minta tolong pada teman-teman media untuk mensosialisasikan ini agar masyarakat yang terpapar dan sedang isoman bisa melakukan isolasi terpusat di tempat-tempat yang sudah kita sediakan," tutur Ganip.

Baca Juga: Menkes pastikan laboratorium dan alat tes Covid-19 siap untuk genjot testing

Bagi warga yang terpapar Covid-19 dan ingin dirawat di Isoter cukup membawa keterangan hasil rapid test antigen. Aturan tersebut berbeda dengan sebelumnya yang mewajibkan masyarakat membawa hasil tes PCR untuk dirawat di Isoter.

"Imbauan saya untuk tidak ragu-ragu masuk ke sana. Kemudian untuk nakes sudah disiapkan di tempat tersebut dan juga obat-obatnya. Wilayah Jabodetabek, Bandung, Depok, Tangerang semua sudah siap dengan isoter yang siap menampung masyarakat yang terpapar dalam kondisi tanpa gejala dan gejala ringan, dan juga di Jawa Tengah sudah di beberapa tempat isolasi terpusat," jelasnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×