kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua KPU minta panelis debat kelima kerja maksimal


Rabu, 10 April 2019 / 15:43 WIB
Ketua KPU minta panelis debat kelima kerja maksimal


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Arief Budiman meminta panelis debat kelima bekerja maksimal menyusun daftar pertanyaan debat bagi kedua pasangan calon. Sebab, menurut Arief, pertanyaan yang disusun panelis akan menentukan puncak tahapan debat sekaligus puncak masa kampanye.

Mengingat debat kelima atau terakhir digelar 13 April 2019 bersamaan dengan penutupan masa kampanye Pemilu 2019. "Kami sangat berharap betul-betul terurai yang jadi klimaks yang dibutuhkan Indonesia, apalagi ini tema (debat kelima) ekonomi yang menyangkut hajat orang banyak," kata Arief dalam acara penandatanganan pakta integritas panelis dan moderator debat kelima pilpres di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (10/4). 

Arief berharap, pertanyaan yang disusun oleh panelis dan dijawab oleh calon presiden dan calon wakil presiden dapat menjadi rujukan informasi publik mengenai sosok yang mereka pilih. "Ini bukan hanya menentukan paslon dan pemilih, tapi juga bagi KPU apakah ini menarik atau enggak," ujarnya. 

Arief berharap debat kelima berlangsung baik dan lancar serta menjadi perhatian seluruh pemilih. Sementara itu, Koordinator Panelis debat kelima, Muhammad Nasih mengatakan, merupakan tantangan tersendiri bagi sepuluh panelis yang bertugas menyusun daftar pertanyaan debat terakhir.

Sebab, debat ini menjadi penutup dan puncak dari masa kampanye. Mewakili panelis, Nasih berkomitmen untuk menjadi panelis yang objektif dan berintegritas. "Kami akan menyusun pertanyaan yang sangat objektif, ilmiah dan tak memihak salah satu paslon," ujar Rektor Universitas Airlangga itu.

Sementara itu, dua moderator debat kelima, Balques Manisang dan Tomy Ristanto berjanji untuk mengemban tugas sebagai pemandu debat yang baik. "Kita tak bisa memenuhi ekspektasi semua orang, tapi kami akan mencoba yamg terbaik karena ini debat pamungkas," kata Balques.

Dalam acara penandatanganan pakta integritas, KPU meminta sepuluh panelis dan moderator untuk berjanji bekerja secara profesional dan tidak akan membocorkan daftar pertanyaan debat ke pihak manapun.

Debat kelima pilpres akan digelar Sabtu, 13 April 2019. Debat akan mempertemukan paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU Minta Panelis Debat Kelima Kerja Maksimal",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×