kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua DPR Puan Maharani minta agar realisasi rasio kredit UMKM di atas 30%


Selasa, 06 April 2021 / 11:33 WIB
Ketua DPR Puan Maharani minta agar realisasi rasio kredit UMKM di atas 30%
ILUSTRASI. Ketua DPR Puan Maharani minta agar realisasi rasio kredit UMKM di atas 30%


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ketua DPR Puan Maharani mendorong pemerintah untuk meningkatkan rasio kredit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) perbankan menjadi di atas 30% dari total kredit. 

Menurut dia, peningkatan rasio kredit perbankan ini bisa menjadi salah satu solusi keberlangsungan hidup banyak UMKM di tengah pandemi Covid-19. 

"Keinginan pemerintah agar kredit perbankan yang diberikan untuk pelaku UMKM mencapai 30% mesti segera bisa direalisasikan. Otoritas terkait, termasuk Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, hingga pemerintah mesti bisa bergerak cepat merumuskan kebijakan untuk merealisasikannya," kata Puan dalam keterangannya, Selasa (6/4/2021). 

Menurut Puan, semakin terbukanya akses perbankan dengan bunga yang lebih rendah dan proses yang mudah bagi pelaku UMKM bisa menjadi salah satu solusi keberlangsungan hidup UMKM di tengah tekanan akibat pandemi.

Baca Juga: Pemerintah akan mengubah plafon KUR untuk genjot pembiayaan UMKM

"Menjaga keberlangsungan hidup UMKM pada gilirannya akan menyelamatkan perekonomian Indonesia seperti yang pernah dibuktikan pada krisis ekonomi 1998 dulu," ujarnya. 

Sejauh ini, lanjutnya, rasio kredit perbankan untuk UMKM berada di level 18%-20%. Angka tersebut jauh di bawah rasio pembiayaan bank terhadap UMKM di Singapura sebesar 39%, Malaysia 50%, Thailand 51%, Jepang 66%, dan Korea Selatan 82%. 

Puan mengatakan, berdasarkan survei dari Badan Pusat Statistik 2020, 69% pelaku UMKM butuh bantuan modal karena sektor ini merupakan salah satu korban paling terdampak Covid-19. 

Untuk itu, politikus PDI-P ini menegaskan perlu adanya intervensi yang sinergis dari pemegang otoritas guna menyelamatkan UMKM. 

"Selain memberikan bunga yang lebih rendah dan proses yang lebih mudah, semua stakeholder juga semestinya merumuskan program untuk membimbing pelaku UMKM sehingga dapat menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan dan layak menjadi debitur perbankan," pungkasnya. 

Baca Juga: Ketentuan, syarat dan cara daftar untuk dapatkan BPUM Rp 1,2 juta

Adapun keinginan meningkatkan rasio kredit UMKM disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pada Senin (5/4/2021). 

Melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Presiden Jokowi meminta jajarannya untuk bisa menyalurkan lebih dari 30 persen kredit bagi pelaku UMKM pada 2024. (Nicholas Ryan Aditya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua DPR: Segera Realisasikan Rasio Kredit UMKM di Atas 30 Persen"

Selanjutnya: Masih ada kesempatan, begini cara dapat BLT UMKM Rp 1,2 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×