kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerusuhan di AS meluas, DPR minta pemerintah pastikan keselamatan WNI


Minggu, 31 Mei 2020 / 16:47 WIB
Kerusuhan di AS meluas, DPR minta pemerintah pastikan keselamatan WNI
ILUSTRASI. Unjuk rasa di Minneapolis. Kerusuhan di AS meluas, DPR minta pemerintah pastikan keselamatan WNI. REUTERS/Lucas Jackson TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyayangkan meluasnya kerusuhan dari aksi massa di sejumlah kota Amerika Serikat (AS). Melihat hal tersebut, ia meminta pemerintah, dalam hal ini Perwakilan RI di AS, untuk memastikan keselamatan para warga negara Indonesia (WNI) di sana. 

"Pemerintah Indonesia, melalui perwakilan di AS harus memastikan dan mengikuti dari dekat perkembangan di AS, menyusul aksi kerusuhan yang terjadi di sejumlah kota,” kata Meutya dalam keterangan tertulis, Minggu (31/5). 

Baca Juga: Ekonom IKS proyeksikan inflasi Mei 2020 sekitar 0,08% mom

Menurut dia, kerusuhan itu berpotensi makin meluas. Perwakilan Pemerintah RI di AS pun dimintanya menghubungi WNI secara acak untuk memastikan kondisi keamanan mereka. 

"Terus berikan informasi melalui website resmi maupun hotline atau aplikasi yang Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI untuk memberikan kondisi dan informasi secara update,” imbuh Meutya. 

Selain itu, dirinya mengimbau agar WNI di AS sebisa mungkin untuk tidak keluar rumah hingga situasi aman terkendali. 

Adapun, munculnya kerusuhan tersebut dipicu aksi protes massa akibat kematian warga kulit hitam George Floyd di tangan polisi yang menangkapnya di Minneapolis, AS. 

Baca Juga: Sensus Penduduk Online selesai, BPS: Lebih dari 50 juta penduduk sudah mendaftar

Saran untuk pemerintah AS 
Meutya juga mengatakan bahwa pemerintah AS perlu meredam gejolak chaos dengan memastikan perbedaan perlakukan tidak terjadi di Amerika Serikat. Apalagi, lanjutnya, negara Pam Sam itu memiliki Declaration of Independence, sebagai bagian dari sejarah terbentuknya negara Amerika Serikat. 

Deklarasi kemerdekaan memuat poin-poin yang dijadikan dasar dari sebuah kekuatan bagi kebebasan umat manusia, yaitu Hak Asasi Manusia (HAM). 

"Ini penting karena unrest  di AS tentu mendapat perhatian dunia dan jika tidak ditangani secara cepat dan profesional melalui pendekatan-pendekatan persuasif, dikhawatirkan akan menjadi contoh kurang baik bagi negara lain," ujar Meutya. (Inang Jalaludin Shofihara)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kerusuhan di AS Meluas, DPR Minta Pemerintah Pastikan Keselamatan WNI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×