kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kepala BMKG Duga Gempa Cianjur Akibat Pergerakan Sesar Cimandiri


Senin, 21 November 2022 / 14:30 WIB
Kepala BMKG Duga Gempa Cianjur Akibat Pergerakan Sesar Cimandiri
ILUSTRASI. Evakuasi ratusan karyawan di gedung perkantoran kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, usai terjadi gempa bumi yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11) siang.


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gempa bermagnitudo 5,6 terjadi di sekitar Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11) pukul 13.21 WIB. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebut, pusat gempa berada di sekitaran Sukabumi, Cianjur, Jawa Barat.

"Jadi yang baru saja terjadi pada posisi di sekitar Sukabumi, Cianjur di sekitar wilayah daerah tersebut dan merupakan gempa yang diakibatkan patahan geser dengan magnitudo 5,6," kata Dwikorita saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (21/11).

Dwikorita menduga, gempa tersebut merupakan pergerakan dari sesar Cimandiri yang bergerak kembali. Adapun kedalaman pusat gempa disebutkan sekitar 10 kilometer.

Baca Juga: Gempa Bumi Terkini, Dirasakan Di Jakarta, Depok, Bogor, Magnitudo 5,6, Tidak Tsunami

"Kami mohon sebaiknya termasuk kami sendiri, ini ada di dalam gedung, sebaiknya segera keluar saja (dari gedung)," ujarnya.

Dwikorita menuturkan kemungkinan gempa susulan bisa terjadi. BMKG bakal memperbarui informasi dari Kantor BMKG terkait gempa.

Ia pun meminta izin untuk kembali lebih cepat.

Sedianya, Dwikorita tengah melakukan rapat di Komisi V DPR membahas isu terkini dan potensi bencana. Namun, rapat dihentikan karena gempa bumi yang terjadi dan terasa hingga Gedung DPR.

Baca Juga: BMKG Catat Bengkulu di Guncang Dua Kali Gempa Bermagnitudo 6,8 dan susulan 5,6

Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Diamanty Meiliana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kepala BMKG: Diduga Gempa Cianjur akibat Pergerakan Sesar Cimandiri".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×