kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,33   6,87   0.75%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub akan bangun pelabuhan bertaraf internasional di Bengkulu


Sabtu, 04 Agustus 2018 / 18:17 WIB
Kemhub akan bangun pelabuhan bertaraf internasional di Bengkulu
ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi


Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak para pelajar dan mahasiswa untuk bersama-sama memajukan Provinsi Bengkulu.

Budi Karya menilai, Bengkulu merupakan kota indah dan cantik yang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Sehingga harus didukung dengan infrastruktur yang memadai. “Saya sudah bicara dengan Gubernur Bengkulu, silahkan buat program untuk kemajuan Kotanya,” ujar Budi Karya.

Hal ini disampaikan dalam Dialog Nasional Indonesia Maju ke 19 di Gedung Olahraga Provinsi Bengkulu, Sabtu (4/8). Hadir dalam dalam dialog tersebut Menteri PDT Dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, PLT Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Ada beberapa program yang sejalan dengan Nawacita pemerintah untuk kemajuan bangsa khususnya di Provinsi Bengkulu yang akan dijalankan oleh Kementerian Perhubungan terutama di sektor infrastruktur.

“Bengkulu adalah harta karun tersembunyi di garis pantai selatan Sumatera. Banyak sektor yang bisa digali untuk kemajuan provinsi Bengkulu,” ujar Menhub.

Tidak hanya itu, Menhub juga mengatakan sebagai daerah penghasil kopi, karet dan batubara, pihaknya akan segara membangun Pelabuhan bertaraf internasional. “Pintu gerbang atas komuditas itu adalah pelabuhan. Kita tengah kaji Pulau Baai karena ada alur yang tidak sempurna, padahal kolamnya bagus dan sangat ideal,” ujarnya.

Dalam waktu tiga bulan ini akan selesai alur tersebut dan Kemenhub akan memberikan mandat kepada Pelindo 2 untuk mengelola alur secara komersial. “Selain kita punya rencana merveitalisasi pelabuhan, pemda juga harus memikirkan produk-produk yang bisa di ekspor,” teranganya.

Menhub juga akan mengupayakan agar Bengkulu bisa memanfatkan tol laut yang sudah dibuatnya. Kemenhub memberikan ruang kepada masyarakat Bengkulu untuk mengirimkan barang-barang unggulan.

“Pemerintah bisa kasih subsidi, atau bisa kerjasama dengan sewasta sehingga tidak menunggu lama,” ujarnya.

Pernyataan ini tentu sejalan dengan harapan Gubernur Bengkulu yang meminta agar pemerintah memberikan perhatian lebih. Sehingga Bengkulu bisa menjadi bagian dari kejayaan Indonesia.

Seperti biasa diakhir dialog Menhub mengajak mahasiswa dan pelajar untuk ikut aktif dengan memanggilnya ke depan. Mereka diminta untuk melakukan orasi terhadap paparan yang sudah disampaikan oleh Menhub dan Mendes.

Peserta yang orasi terbaiknya diberi hadiah berupa leptop dan sepeda. “Saya apresiasi mahasiswa dan pelajar disini paham betul apa yang saya sampaikan. Semoga ini menjadi cambuk bagi kita untuk terus bekerja demi bangsa dan negara di bawah kepeimpinan Jokowi,” ungkapanya.

Selesai acara dialog, Menhub melanjutkan kunjungannya ke Pulau Baai dimana disitu nantinya akan dijadikan sebagai pelabuhan besar. Menggunakan kapal, Menhub meninjau langsung alur yang dinilai layak untuk kapal-kapal besar tapi kerap mengalami pendangkalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×