kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian PUPR Usul Anggaran Rp 32 Triliun untuk Perbaikan Jalan Daerah Tahun Ini


Rabu, 24 Mei 2023 / 15:50 WIB
Kementerian PUPR Usul Anggaran Rp 32 Triliun untuk Perbaikan Jalan Daerah Tahun Ini
ILUSTRASI. Kementerian PUPR mengusulkan anggaran tambahan sebesar Rp 32 Triliun untuk perbaikan jalan daerah pada tahun ini. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/rwa.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengusulkan anggaran tambahan sebesar Rp 32 Triliun untuk perbaikan jalan daerah pada tahun ini. 

"Tahap pertama sudah kita siapkan 14,6 triliun, kalau 2023 total kira kira kita akan usulkan Rp 32 triliun," kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahardian ditemui di Komplek Parlemen, Rabu (24/5). 

Hedy menuturkan nantinya anggaran tersebut akan digunakan untuk memperbaiki kondisi jalan yang rusak diberbagai daerah. Khususnya jalan daerah yang mempunyai peran strategis untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia.  

Baca Juga: Anies Sebut Pembangunan Jalan Nasional Era Jokowi Kalah Dari SBY, Cek Faktanya

"Jadi ada kriterianya misal pusat pertumbuhan ekonomi, kawasan industri, tapi intinya jalan itu menimbulkan efek ekonomi yang kuat tapi kondisi rusak," jelas Hedy. 

Hedy juga memastikan pengambilalihan jalan daerah ini tidak akan mengganggu anggaran pemerintah pusat. Sebab kata dia perbaikan jalan daerah merupakan salah satu amanah dari Instruksi Presiden (Inpres) No 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Konektivitas Jalan Daerah.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahardian.

"Jadi di Inpres tersebut disebutkan apabila pemerintah daerah tidak sanggup, maka pemerintah pusat punya tanggung jawab ambil alih," jelas Hedy. 

Diketahui, pemerintah pusat sebelumnya telah mengambil alih perbaikan jalan di Lampung karena viral di sosial media beberapa waktu lalu. Terbaru, pemerintah juga kembali mengambil alih perbaikan jalan di Jambi. 

Keputusan mengambil alih perbaikan jalan di Jambi itu setelah Jokowi meninjau kondisi ruas Jalan Kota Jambi hingga Desa Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi di Jambi, Selasa 16 Mei 2023. 

Baca Juga: Kementerian PUPR Mulai Perbaikan Jalan Daerah Bulan Juli

Dalam keterangan persnya usai peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan mengambil alih sejumlah perbaikan jalan provinsi dan jalan kabupaten di Jambi terutama jalan produksi dan logistik.

“Yang tadi [Jalan Desa Tangkit-Desa Sungai Gelam] jalan kabupaten, yang ini [Simpang Ahok-Simpang Bumi Perkemahan Sungai Gelam] jalan provinsi, ini juga akan diambil alih oleh pusat dan segera juga dikerjakan,” ujar Presiden, dikutip dari website resmi Sekretariat Kabinet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×