kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian PUPR Targetkan Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 Rampung Akhir 2022


Minggu, 04 September 2022 / 09:51 WIB
Kementerian PUPR Targetkan Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 Rampung Akhir 2022
ILUSTRASI. Kementerian PUPR menargetkan Tol Ciawi ? Sukabumi Seksi 2 rampung pada Desember 2022.ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Tol Ciawi – Sukabumi Seksi 2 rampung pada Desember 2022.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan Jalan Tol Ciawi - Sukabumi saat ini untuk Seksi 1 sudah beroperasi ruas Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 Km sejak Desember 2018 lalu.

"Hingga saat ini tengah dilanjutkan penyelesaian konstruksinya, yang tengah dikerjakan konstruksinya adalah Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 Km dengan progres konstruksi 81,24% dan ditargetkan selesai konstruksinya pada Desember 2022 mendatang," ujar Danang dikutip dari laman BPJT, Minggu (4/9).

Kemudian setelah seksi 2 selesai konstruksinya dan beroperasi akan dilanjutkan Seksi III ruas Cibadak-Sukabumi Barat (13,70 Km) dan Seksi IV ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 Km).

Baca Juga: Waskita Karya (WSKT) Membidik Nilai Kontrak Baru Hingga Rp 30 Triliun Tahun Ini

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi juga diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan menuju wilayah Sukabumi seperti akses menuju ke Pelabuhan Ratu nantinya dapat menempuh waktu kurang lebih satu jam. 

Kemudian jika dari wilayah Jakarta ke Pelabuhan Ratu nantinya hanya menempuh waktu 2,5 jam sehingga akan semakin lebih cepat dalam memberikan dukungan kelancaran mobilitas berkendara masyarakat untuk menuju tempat wisata maupun kendaraan logistik yang didistribusikan di Jawa Barat.

Selanjutnya Jalan Tol ini juga memangkas waktu tempuh perjalanan dari Sukabumi baik kabupaten maupun kota yang mengarah ke Ciawi juga dapat menghemat waktu satu sampai dua jam, dan saat ini hanya menjadi sekitar seperempat hingga setengah jam perjalanan saja.

Kehadiran Jalan Tol Bocimi juga memberikan dukungan terhadap konektivitas menuju banyak pariwisata terkenal dengan keindahan alamnya di wilayah Jawa Barat, seperti pantai di Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, hingga Gunung Gede dan banyak wisata lainnya yang cukup menarik untuk disinggahi.

Baca Juga: Hingga Pertengahan Agustus, Realisasi Anggaran Kementerian PUPR Mencapai 41,6%

Jalan Tol Ciawi - Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol dengan nilai investasi sebesar Rp 11,71 triliun. Nantinya Jalan Tol ini memiliki 6 buah Simpang Susun (SS) yang terdiri dari SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat, dan SS Sukabumi Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×