kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,78   -1,47   -0.17%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Kementerian PUPR targetkan tiga venue tambahan PON XX Papua kelar bulan Juli 2021


Minggu, 20 Juni 2021 / 13:57 WIB
Kementerian PUPR targetkan tiga venue tambahan PON XX Papua kelar bulan Juli 2021
ILUSTRASI. Venue Istora Papua Bangkit yang digunakan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapat tugas membangun 3 venue tambahan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2021.

Ketiga arena olahraga tersebut adalah venue sepatu roda, dayung, dan panahan yang saat ini sudah dalam tahap akhir konstruksi dan ditargetkan selesai seluruhnya pada 31 Juli 2021.

Saat meninjau ketiga veneu tersebut, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo berpesan agar dalam menyelesaikan pembangunan di sisa waktu kurang dari dua bulan ke depan  tetap memperhatikan mutu dan kualitas. 

"Kami harapkan 3 venue yang masih dalam tahap pembangunan dapat selesai sesuai target akhir Juli 2021. Kerja lebih keras sampai pelaksanaan PON XX, tetapi tetap menjaga kualitas," ujar Wempi dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (20/6).

Sementara itu, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengingatkan, untuk memaksimalkan penggunaan komponen dalam negeri untuk bahan material pembangunan ketiga venue. Memang untuk beberapa komponen masih ada yang impor dalam taraf wajar.

Misalnya lintasan sepatu rdari Korea, tetapi secara keseluruhan perbandingannya masih 70% produk dalam negeri.

Baca Juga: Genjot pembangunan infrastruktur di Papua dan Papua Barat, PUPR susun empat program

"Saya berpesan utamakan menggunakan produk dalam negeri, jangan terlalu cepat untuk mengimpor bahan material jika masih ada produk dalam negeri," tutur dia.

Pembangunan ketiga venue tambahan tersebut mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua, Ditjen Cipta Karya sejak 25 Februari 2020 dengan progres seluruhnya hingga 17 Juni 2021 mencapai  mencapai 92,40%. 

Sebelumnya Kementerian PUPR telah menyelesaikan empat venue utama yakni arena Aquatic dan Istora Papua Bangkit di kawasan olahraga Kampung Harapan dan venue Cricket dan lapangan Hockey (indoor dan outdoor) di kompleks olahraga Doyo Baru. Keempatnya sudah diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi Papua. 

Pembangunan venue tambahan untuk arena sepatu roda dibangun di atas lahan seluas 26.520 m2 dengan luas bangunan 6.067 m2 di daerah Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura. 

Beberapa sarana dan prasarana pendukung venue selesai dikerjakan seperti tribun berkapasitas 650 orang, sistem penerangan untuk lintasan 1.501 lux dan penerangan safe zone 449 lux, sistem tata suara, dan scoring board. Secara keseluruhan progres konstruksi Arena Sepatu Roda mencapai 98,59%. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×