kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,04   -6,32   -0.68%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementan siapkan 1,7 juta ekor hewan kurban, pastikan stok cukup dan aman


Senin, 19 Juli 2021 / 18:55 WIB
Kementan siapkan 1,7 juta ekor hewan kurban, pastikan stok cukup dan aman
ILUSTRASI. Kementan menyiapkan 1,7 juta ekor hewan kurban


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Pertanian menjamin ketersediaan pasokan hewan kurban sebagai puncak perayaan Idul Adha 1443 Hijriah dalam kondisi cukup dan aman.

Hewan kurban yang tersedia berdasarkan data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan sebanyak 1.767.522 ekor, terdiri atas sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sebelumnya telah terjun langsung memastikan kesiapan dan ketersediaan ke Rumah Potong Hewan (RPH) dan sentra penjualan hewan kurban yaitu depo 1000 sapi kurban di Jalan Soleh Iskandar, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (15/7).

Di sana, Mentan didampingi Walikota Bogor, Bima arya memantau pergerakan jual beli hewan serta memastikan kesehatan dan ketersediaannya untuk memenuhi kebutuhan hari raya Idhul Adha 1443 Hijriah.

Baca Juga: Jokowi akan hadiri takbir akbar virtual malam ini

“Saya bersama Pak Walikota Bogor Bima Arya, telah ngecek persiapan menghadapi Idul Kurban. Dan Insya Allah semua bisa berjalan dengan baik karene sampai hari ini harga di lapangan dalam kendali. Kurang lebih seperti apa yang ada masih dalam kondisi yang cukup,” kata Syahrul dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Senin (19/7).

Selain itu RPH Manggala di Kota Makassar, Sulawesi Selatan juga telah dipastikan persiapan dan kesiapan penyelenggaraan kurban agar tetap dalam kondisi aman dan terkendali serta tertib dalam mematuhu aturan protokol kesehatan.

Syahrul mengatakan, intinya hewan kurban sudah cukup dan tersedia untuk kurban. Kemudian harganya juga stabil, dimana ada sedikit kenaikan sekitar 500 ribu perekor. Akan tetapi, Ia menuturkan di hari raya harga hewan kurban harus naik, jika tidak berarti daya beli menurun.

Selanjutnya: PBNU keluarkan surat edaran, imbau umat Islam salat Idul Adha di rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×