kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementan: Ekspor Babi Asal Pulau Bulan Batam ke Singapura Positif Flu Babi Afrika


Minggu, 07 Mei 2023 / 08:59 WIB
Kementan: Ekspor Babi Asal Pulau Bulan Batam ke Singapura Positif Flu Babi Afrika
ILUSTRASI. Babi asal Pulau Bulan Batam yang di ekspor ke Singapura positif ASF (African Swine Fever/ Flu Babi Afrika).


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) membenarkan bahwa babi asal Pulau Bulan Batam yang di ekspor ke Singapura positif ASF (African Swine Fever/ Flu Babi Afrika).

"Hasil pengujian lanjutan baik oleh Laboratorium BBUSKP dan BVet Bukittinggi adalah positif ASF dan negatif CSF, sehingga perlu dilakukan sequencing untuk mengetahui genom virus terkait kemiripan asal virus," jelas Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Kementan Wisnu Wasisa Putra dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/5).

Kementan juga menyatakan hasil investigasi bersama antara Indonesia dan Singapura terjadi kematian babi yang cukup besar di Pulau Bulan, namun dengan gejala klinis mengarah ke Classical Swine Fever (CSF)/Hog Cholera.

Sebagai langkah tindak lanjut, Direktorat Kesehatan Hewan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan, dan Singapura (Singapore Food Agency dan NS Park) telah melakukan dialog pada 28 April 2023 yang lalu di Kantor PT Indotirta Suaka (PT ITS).

Sebagai langkah antisipasi, Karantina Pertanian Tanjung Pinang, melakukan langkah-langkah berupa pengujian ASF terhadap ternak babi yang akan dilalulintaskan. Pihaknya juga akan melakukan pengetatan tindakan karantina hewan.

Baca Juga: Ini Antisipasi Kementan Hadapi Cuaca Ekstrem El-Nino

"Selain itu, pemantauan terhadap importasi pakan dan bahan pakan yang masuk ke Pulau Bulan sebagai langkah kewaspadaan kemungkinan masuknya ASF di pulau ini," jelas Wisnu.

Saat ini, Kementan juga telah melakukan gerak cepat dengan memberikan pendampingan pelaksanaan disposal, disinfeksi dan pelaksanaan biosekuriti pasca penutupan pintu ekspor ternak babi asal Pulau Bulan, Provinsi Kepulauan Riau ke Singapura.

"Kementan telah usulkan sistem sub-kompartemen bebas ASF di Pulau Bulan dan telah disetujui oleh pihak Singapura, sehingga kedepan kita dapat kembali mengekspor ternak babi ke Singapura," kata Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Bambang.

Adapun perusahaan yang melakukan ekspor hewan babi dalam kasus ini adalah PT Indotirta Suaka (PT ITS). Sebelumnya, PT ITS ditetapkan sebagai kompartemen bebas ASF dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan Keputusan Nomor 669/KPTS/PK.320/M/11/2021 tentang Penetapan PT ITS Suaka sebagai Kompartemen Bebas dari Penyakit Demam Babi Afrika (African Swine Fever) pada Ternak Babi.

Namun, karena ditemui banyak babi yang mati karena terkena virus ASF, status tersebut telah dicabut oleh Kementan.

Baca Juga: Waspada Flu Babi, Ini Gejala yang Perlu Anda Waspadai

"Dengan pembekuan ini, kami akan menindaklanjuti dengan melakukan evaluasi secara berkesinambungan agar dapat ditinjau pemberlakuan kompartemen bebas ASF dengan sistem sub kompartemen," katanya lagi.

Asal tahu saja, Singapura menghentikan ekspor babi hidup dari Indonesia sejak April 2023.

Penghentian itu dilakukan karena Badan Pangan Singapura/Singapore Food Agency (SFA), menemukan penyakit flu babi (African Swine Fever/ASF) pada babi hidup yang dikirim dari dari Pulau Bulan, Kepulauan Riau ke Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×