kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Kemenkeu salurkan Rp 9,8 triliun dana BOS tahap pertama


Senin, 10 Februari 2020 / 20:42 WIB
Kemenkeu salurkan Rp 9,8 triliun dana BOS tahap pertama
ILUSTRASI. Menkeu Sri Mulyani (tengah) bersama Mendikbud Nadiem Makarim (kiri) dan Mendagri Tito Karnavian (kanan) memberikan konferensi pers tentang Sinergi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Dana Desa Berbasis Kinerja di Kementerian Keuangan, J

Reporter: Grace Olivia | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Keuangan akan mulai menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tahap pertama.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut penyaluran dana BOS tahap pertama sebesar Rp 9,8 triliun yang ditujukan kepada 136.579 sekolah yang tersebar di 32 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Menteri Nadiem alokasikan 50% dana BOS untuk gaji guru honorer

“Kita sudah menerima nomor rekening dari sekolah-sekolah sebanyak tersebut dari Kemendikbud dan ditransfer pada hari ini juga," ujar Sri Mulyani, Senin (10/2).

Adapun untuk mendukung program “Merdeka Belajar” yang dirancang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah menyalurkan sebesar 70% anggaran dana BOS pada semester I-2020. Pemerintah juga mengubah pola penyaluran BOS menjadi tiga tahap yaitu masing-masing 30%-40%-30% sepanjang tahun.

Tahap pertama disalurkan paling cepat pada Januari, tahap kedua paling cepat disalurkan April, serta tahap ketiga paling cepat disalurkan di bulan September.

Seluruh penyaluran dana BOS mulai tahun ini langsung dilakukan dari rekening pemerintah pusat ke rekening sekolah, tidak lagi melalui rekening pemerintah daerah.

Tahun ini, pemerintah mengalokasikan dana BOS sebesar Rp 54,32 triliun atau naik 6,03% dari tahun lalu.

Dana BOS ditargetkan menyasar sebanyak 45,4 juta siswa mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, hingga SMK dan Pendidikan Khusus.

Baca Juga: Ubah kebijakan, mulai tahun ini penyaluran dana BOS langsung ke sekolah

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×