kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkeu: Perekonomian Indonesia menunjukkan perbaikan


Jumat, 01 Oktober 2021 / 13:18 WIB
Kemenkeu: Perekonomian Indonesia menunjukkan perbaikan


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu mengatakan, tidak banyak negara yang bisa mengklaim perekonomiannya membaik akibat pandemi Covid-19. Dia mengatakan hanya Indonesia saja yang berani mengklaim bahwa pemulihan perekonomiannya sudah pulih kembali, dibanding negara lain.

“Kalau kita disiplin dengan protokol kesehatan bersama-sama bisa membawa perekonomian kita pulih dengan kuat, dan ini sudah kita dibuktikan 2021, bagaimana tidak banyak negara bisa klaim bahwa perekonomiannya sudah pulih kembali,” kata Febrio dalam konferensi pers virtual, Jumat (1/10).

Dia memaparkan, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2020 dan 2021 justru lebih tinggi dibandingkan angka PDB di tahun 2019. Artinya, Dia mengklaim Indonesia sudah melewati keterpurukan atau koreksi pada perekonomian akibat adanya pandemi Covid-19.

Contohnya, Febrio bilang, Malaysia. Filipina, Thailand, bahkan Singapura saja belum ada kabar bahwa perekonomian negaranya sudah berangsur membaik. Akan tetapi, jika melihat Amerika Serikat dan beberapa negara yang perekonomiannya tidak terkontraksi, namun pertumbuhan ekonominya kecil seperti Cina dan Vietnam .

Baca Juga: Defisit APBN 2022 disepakati Rp 868,02 triliun atau 4,85% dari PDB

Perbaikan pemulihan perekonomian ini juga tentunya karena keberhasilan Indonesia keluar dari penyebaran varian virus delta yang di klaim pennyebarannya begitu cepat, sehingga pada Juli perekonomian Indonesia sempat tertekan.

Akan tetapi, Febrio bilang, karena penanganan pemerintah dengan menerapkan PPKM dan protokol kesehatan yang ketat, sehingga penanganan penyebaran virus tersebut dapat ditangani dengan cepat dan perekonomian bisa cepat pulih kembali.

“Kita bersyukur bangsa kita, mulai dari pemerintah, aparat, sampai masyarakat bahu membahu menurunkan Covid-19 sangat cepat. Ini luar biasa pencapaian yang kita dapatkan sebagai bangsa, Banyak negara belum bisa berhasil menurunkan signifikan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Febrio berharap agar pencapaian perbaikan perekonomian ini dapat terus dipertahankan bahkan dikembangkan kembali serta tidak lupa menjaga diri agar kasus harian Covid-19 di Indonesia terus turun dan tidak membludak kembali. Dengan kewaspadaan dan kehati-hatian Dia yakin perekonomian Indonesia bisa bergerak menjadi lebih stabil dan meyakinkan lagi.

Selanjutnya: Diskon PPnBM 100% diperpanjang hingga akhir tahun 2021, begini penjelasan pemerintah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×