kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenhub Siapkan Pembangunan Dermaga Wisata di IKN Nusantara, Kalimantan Timur


Selasa, 31 Januari 2023 / 15:45 WIB
Kemenhub Siapkan Pembangunan Dermaga Wisata di IKN Nusantara, Kalimantan Timur
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (20/1), meninjau lokasi bakal dibangunnya dermaga wisata dan bandara VVIP yang berada di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan. Kemenhub Siapkan Pembangunan Dermaga Wisata di IKN Nusantara, Kaltim.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) tengah menyiapkan pembangunan dermaga wisata yang berada di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha menjelaskan, pembangunan dermaga tersebut sebagai pendukung kapal-kapal wisata bagi wisatawan yang akan berkunjung ke IKN.

Arif mengatakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi belum lama ini meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan dermaga wisata. Rencananya dermaga wisata akan dibangun di daerah Punggur yang berada sekitar 9 kilometer dari IKN.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Bangun 47 Tower Rusun di IKN untuk ASN, TNI, dan Polri

"Ini sedang dalam proses untuk kelengkapan perencanaannya, penyiapan dokumen pembangunan," ujar Arif ditemui di Kompleks Parlemen, Selasa (31/1).

Arif mengatakan, feasibility study (studi kelayakan) pembangunan dermaga wisata akan rampung pada tahun ini. Menurutnya luas dermaga akan disesuaikan dengan potensi banyaknya wisatawan yang akan berkunjung ke IKN.

Lebih lanjut Arif belum bisa memperkirakan berapa alokasi anggaran yang dibutuhkan untuk membangun dermaga wisata. Menurut dia, alokasi anggaran akan dapat dihitung setelah FS dan dokumen perencanaan selesai disusun.

Selain itu, Arif menuturkan, tender proyek Dermaga Wisata di IKN kemungkinan akan dilakukan pada tahun depan.

"Sebagai salah satu fasilitas bagi masyarakat yang berkunjung atau berwisata ke IKN. Jadi bukan untuk kegiatan hari hari atau penumpang, tapi hanya untuk wisata, mungkin nggak besar," pungkas Arif.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Bangun 47 Tower Rusun di IKN untuk ASN, TNI, dan Polri

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Jumat (20/1), meninjau lokasi bakal dibangunnya dermaga wisata dan bandara VVIP yang berada di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan.

Kunjungan kerja Menhub ke IKN merupakan bagian dari langkah Kemenhub menyiapkan perencanaan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di IKN yang menjadi salah satu program prioritas pada tahun 2023.

Sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun di IKN yaitu dermaga wisata, bandara VVIP, dan transportasi ramah lingkungan.

“Ada tiga alternatif lokasi, tetapi kami sudah memutuskan satu lokasinya yaitu di daerah Punggur yang berada sekitar 9 km dari IKN,” ujar Budi Karya.

Baca Juga: Volume Penjualan Semen Nasional Tumbuh Tipis Tahun Ini

Budi Karya menambahkan, dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan, akan memudahkan aksesibilitas kedua daerah.

“Ditambah lagi, di lokasi tersebut juga memiliki pemandangan laut yang indah. Dermaga ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, dan area untuk kuliner dan fasilitas lainnya yang menarik bagi wisatawan,” ucap Menhub.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×