kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenhub Rampungkan 21 PSN Sektor Transportasi Hingga Tahun 2023


Rabu, 20 Desember 2023 / 14:59 WIB
Kemenhub Rampungkan 21 PSN Sektor Transportasi Hingga Tahun 2023
ILUSTRASI. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan terdapat 35 Proyek strategis nasional (PSN) sektor transportasi. KONTAN/Baihaki/16/10/2023


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan terdapat 35 Proyek strategis nasional (PSN) sektor transportasi. Dari jumlah tersebut, 21 PSN telah selesai konstruksi, 9 PSN ditargetkan selesai tahun 2023-2024, dan 5 PSN selesai di atas tahun 2024.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto menjelaskan, bandar udara (bandara) yang telah diselesaikan diantaranya Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara Komodo Labuan Bajo NTT yang telah beroperasi penuh.

Bandara Siboru Kabupaten Fakfak dan Bandara Nabire Baru juga telah diresmikan beberapa waktu lalu oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ini Progres Pekerjaan Proyek Strategis Nasional Garapan Waskita

Kemudian, terdapat enam PSN sektor perkeretaapian yang juga telah selesai konstruksi. Diantaranya, KA Tebing Tinggi-Kuala Tanjung, kereta akses bandara baru Yogyakarta, LRT Sumatera Selatan, KA Makassar-Pare pare tahap 1, LRT Jabodebek, dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. 

Selanjutnya, pada sektor perhubungan laut, terdapat 10 pelabuhan yang telah selesai konstruksi. Diantaranya, Terminal Multipurpose Labuan Bajo, pengembangan Pelabuhan Hub Internasional Bitung, pembangunan Pelabuhan Likupang, pengembangan pelabuhan Hub Internasional Kuala Tanjung, pengembangan pelabuhan Terminal Kijing, Pelabuhan Sanur, pembangunan Pelabuhan Patimban, dan pembangunan Makassar New Port.

"Jadi total ada 21. Komposisinya 5 (PSN perhubungan) udara, kemudian 6 PSN kereta api dan 10 (PSN perhubungan) laut," jelas Novie dalam konferensi pers, Rabu (20/12).

Novie melanjutkan, PSN yang akan selesai pada tahun 2023-2024 adalah 9 PSN. Dia mencontohkan, pembangunan Bandara Dhoho Kediri diharapkan bisa dioperasikan sesegara mungkin. Menurutnya, saat ini tinggal menunggu koordinasi antara operator Angkasa Pura I bersama dengan maskapai penerbangan.

"Setahu kami data yang masuk terakhir adalah Super Air Jet ya beroperasi disana dan ditargetkan tidak terlalu lama," kata Novie.

Novie menambahkan, Bandara Dhoho Kediri bersama sama Angkasa Pura I sedang berkoordinasi dengan pihak internasional. Khususnya untuk melayani haji dan umrah.

"Selanjutnya untuk kereta api selesai 2023-2024 ada beberapa trek ya," ucap Novie.

Lebih lanjut, Novie mengatakan, PSN sektor transportasi yang akan selesai setelah tahun 2024 adalah 5 PSN.

"Mostly adalah (PSN) kereta api. (Pengembangan MRT) East-West ini kan juga kemarin pak presiden ke Jepang dalam rangka itu," ungkap Novie.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan sektor transportasi dilakukan di perkotaan maupun di daerah. Misalnya, pembangunan pelabuhan penyeberangan di 71 lokasi, pembangunan pelabuhan baru di 18 lokasi, pembangunan jalur kereta api sepanjang 1.683 kilometer dan lainnya.

"Bagaimana kita menciptakan konektivitas tetapi juga membuat Indonesia sentris dan tidak bicara tentang yang namanya di Jawa saja," kata Budi Karya.

Baca Juga: Kementerian PUPR Targetkan Penyelesaian 16 PSN Sampai Akhir Tahun 2023

Sebagai informasi, 14 PSN yang belum selesai konstruksi dan belum dioperasikan antara lain, Double Track Jawa Selatan : Bogor - Sukabumi dan Mojokerto - Sepanjang, Infrastruktur KA Logistik Kalimantan Timur, Kereta Api Logistik Lahat-Kertapati.

Lalu, MRT Jakarta East-West Fase I, MRT Jakarta South-North, LRT Jakarta Velodrome-Manggarai, Kereta Api Rantau Prapat-Kota Pinang. 

Berikutnya, Bandara Dhoho Kediri Jawa Timur, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Teluk Palu Sulawesi Tengah, dan Pengembangan Pelabuhan Sorong. 

Serta, Pelabuhan Terminal Peti Kemas Muaro Jambi, Pelabuhan New Palembang, dan Bandara Raja Haji Abdullah Tanjung Pinang Karimun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×