kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.016,36   10,57   1.05%
  • EMAS980.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Kemendag Luncurkan Minyakita, Begini Tanggapan YLKI


Selasa, 05 Juli 2022 / 19:58 WIB
Kemendag Luncurkan Minyakita, Begini Tanggapan YLKI
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) akan meluncurkan minyak goreng kemasan sederhana yang dinamai Minyakita


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) akan meluncurkan minyak goreng kemasan sederhana yang dinamai Minyakita.

Minyakita nantinya dihargai sesuai HET minyak goreng curah yaitu 14.000 per liter atau 15.000 per kg.

Menanggapi hal ini, Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyatno mengapresiasi upaya pemerintah dengan meluncurkan Minyakita dengan harga yang murah sesuai HET minyak goreng curah.

“Patut diapresiasi, diharapkan mampu menjadi solusi bagi masyarakat bawah dan UKM dalam pemenuhan minyak goreng terjangkau,” kata Agus pada Kontan.co.id, Selasa (5/7)

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan: Sesuai Janji, Belum Satu Bulan Minyak Goreng Rp14.000/liter

Meski demikian, Agus mewanti - wanti pada pemerintah agar kebijakan ini dilaksanakan secara berkelanjutan jangan hanya bersifat sementara.

Dia juga menekankan, bahwa ini merupakan pekerjaan yang berat bagi kementerian perdagangan dalam pengadaan minyak goreng murah sesuai HET, mengingat secara eksisting, jumlah luasan perkebunan kelapa sawit yang dikuasai pemerintah melalui BUMN hanya 4% dari seluruh luasan sawit di Indonesia.

Demikian juga jumlah produksi minyak goreng yang dihasilkan oleh pemerintah yang bisa dibilang sangat kecil jika dibandingkan dengan produksi minyak goreng oleh swasta.

“Dengan struktur semacam itu, kebijakan yang digulirkan oleh pemerintah sangat layak dinantikan keberlanjutan dan pemerataan di masyarakat,” kata Agus.

Baca Juga: Besok, Mendag Zulhas akan Luncurkan Minyak Goreng Curah Kemasan Sederhana

Sebelumnya, Mendag Zulhas mengatakan minyak goreng curah kemasan sederhana atau Minyakita diharapkan dapat memperluas jangkauan minyak goreng di masyarakat.

Hal ini dikatakan langsung oleh Mendag Zulhas saat melakukan kunjungan di Pasar Ciracas Jakarta Timur, Selasa (5/7).

“Besok teman - teman kita akan launching minyak kemasan,” tutur Mendag Zulhas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×