kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KEK Kura-Kura Bali Kembangkan Pariwisata Mewah Berkelas Internasional


Senin, 06 Februari 2023 / 09:21 WIB
KEK Kura-Kura Bali Kembangkan Pariwisata Mewah Berkelas Internasional
ILUSTRASI. Wisatawan menikmati pemandangan objek wisata Ulun Danu Beratan saat berkunjung di Tabanan, Bali, Kamis (4/8/2022). KEK Kura-Kura Bali Kembangkan Pariwisata Mewah Berkelas Internasional.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memperkirakan kawasan ekonomi khusus (KEK) Kura-Kura Bali mampu meraup devisa Rp 477 triliun hingga tahun 2052. Pada lima tahun pertama, pemerintah menargetkan devisa sebesar Rp 4,6 triliun.

KEK Kura-Kura Bali dengan luas sekitar 498 hektare (ha) belum lama ini telah disetujui dalam Sidang Dewan Nasional KEK untuk direkomendasikan penetapannya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap, kawasan ekonomi ini melengkapi kawasan ekonomi kesehatan yang ada di Sanur.

Baca Juga: Belum Semua Berjalan Lancar, Pemerintah Bikin KEK Baru Lagi

Adapun KEK Kura-Kura Bali akan mengembangkan kegiatan pariwisata mewah berkelas internasional. Fasilitas yang disediakan antara lain kawasan marina terintegrasi, centre for exellence for education and tech park, serta lifestyle wellness center.

Pemerintah juga menargetkan investasi di kawasan tersebut sebesar Rp 104,4 triliun dan mampu menyerap 99.853 tenaga kerja saat beroperasi penuh di 2052.

Sementara itu, KEK Sanur yang ditetapkan pada Juli 2022 merupakan KEK Kesehatan pertama di Indonesia yang mengembangkan fasilitas kesehatan dan pariwisata berkelas internasional.

Baca Juga: Pemerintah Akan Percepat Pengembangan 5 Kawasan Ekonomi Khusus Ini

Pemerintah menargetkan, KEK ini mampu merealisasikan investasi Rp 10,2 triliun, menyerap 43.647 orang tenaga kerja, dan menghemat devisa Rp 86 triliun dari WNI yang sebelumnya berobat ke luar negeri

"Diharapkan dengan adanya dua KEK ini, ekonomi Bali menjadi lebih sustain," kata Airlangga dalam keterangan resminya, Sabtu (4/2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×