kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kegiatan Pembangunan di IKN Nusantara Sudah Mencapai 23%


Selasa, 07 Maret 2023 / 04:27 WIB
Kegiatan Pembangunan di IKN Nusantara Sudah Mencapai 23%
ILUSTRASI. Progres pembangunan di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) kini sudah mencapai 23%. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Progres pembangunan di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) kini sudah mencapai 23%. Adapun berbagai kegiatan pembangunan di kawasan IKN difokuskan di kawasan inti. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim. 

Mengutip infopublik.id, Silvia mengatakan semua progres pembangunan yang tengah dilakukan masih on track sehingga pihak Otorita IKN optimis bahwa pembangunan dapat selesai sesuai dengan rencana.

"Berbagai kegiatan pembangunan seperti bendungan dan penyediaan air baku progressnya sudah 80 hingga 90%," kata Silvia dalam acara diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertema Geliat IKN Menyongsong Masa Depan pada Senin (6/3/2023).

Dia menjelaskan, kawasan IKN memiliki luas 56.000 hektar, dan di dalamnya itu ada Kawasan Inti Pemerintahan yang luasnya sekitar 6.600 hektar.

Di Kawasan Inti Pemerintahan itulah menjadi pusat kegiatan pembangunan utamanya. Di dalam kawasan ini bisa ditemukan Sumbu Nusantara, Istana Presiden, Kantor Presiden, Kantor Kementerian/Lembaga, dan juga hunian untuk ASN-Hankam.

Baca Juga: Semen Indonesia (SMGR) Ikut Menadah Berkah di Proyek IKN

Pada kesempatan yang sama, Andrinof Chaniago selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) periode 2014-2019 mengatakan progres pembangunan yang dipantaunya, baik secara langsung maupun tidak langsung bisa dibilang luar biasa.

"Progresnya sangat luar biasa, saya salut dengan kinerja tim, khususnya Kementerian PUPR juga tentunya tim OIKN, semuanya betul-betul total melakukan manajemen proyek yang all out. Saya lihat misalnya pembangunan rumah pekerja dengan cepat sudah berdiri, ini suatu yang baru dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur. Ini menandakan kesiapan untuk mengerjakan proyek ini luar biasa," kata Andrinof.

Kemudian, lanjut Andrinof, terkait dengan pembukaan jalan, progresnya juga sudah terlihat. Dalam tempo 5-6 bulan, pembangunannya sudah pesat sekali.

"Melihat hal ini, jujur saya optimis bahwa ini akan berjalan dengan lancar dalam mewujudkan kawasan inti pemerintah dari Ibu Kota. Apalagi pembangunan infrastruktur di IKN ini betul-betul dikawal oleh Presiden Joko Widodo," ujar Andrinof.

Baca Juga: Mantan Kepala Bappenas Optimis Pembangunan IKN Berjalan Sesuai Cetak Biru Pemerintah

Andrinof menambahkan, pembangunan IKN tentunya menjadi pelajaran bahwa ini adalah pembangunan sebuah kota. JIka pembangunan kawasan inti pemerintahan ini berjalan dengan lancar, maka kawasan-kawasan lainnya akan segera mengikuti.

"Untuk kawasan inti ini saya pikir dalam waktu 4 hingga 5 tahun ke depan akan selesai karena pembiayaannya itu dari APBN," ujar Andrinof.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×