kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.020,20   -5,44   -0.53%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Kata Ditjen Pajak Terkait Bocornya Data Pengguna Internet


Kamis, 03 Maret 2022 / 19:07 WIB
Kata Ditjen Pajak Terkait Bocornya Data Pengguna Internet
ILUSTRASI. Ilustrasi belanja online lewat media sosial. Kata Ditjen Pajak Terkait Bocornya Data Pengguna Internet.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Peneliti keamanan darkweb atau lebih dikenal DarkTracer mengungkapkan, bahwa sebanyak 40.629 pengguna internet di Indonesia terinfeksi Stealer. Pengguna tersebut diantaranya, Redline, Raccoon, Vidar.

“Sebanyak 502.581 kredensial yang mengakses domain.id bocor dari pengguna dan didistribusikan di Darkweb dan Deep Web,” dikutip dari akun peneliti, @darktracer_int, Kamis (3/3).

Adapun, disebutkan data pengguna yang bocor diantaranya, Kemendikbud.go.id, Bkn.go.id, Pajak.go.id Shopee.co.id, Prakerja.go.id, Wifi.id, Kemenag.go.id, Pointblank.id, Kemenkeu.go.id, Jobstreet.co.id, Lazada.co.id, Ltmpt.ac.id, Jakarta.go.id, Telkom.co.id, Simpkb.id, Bps.go.id, Bri.co.id, Oss.go.id, Kemendagri.go.id, dan juga Bpjsketenagakerjaan.go.id.

Baca Juga: Pelabuhan Tanjung Priok Sempat Macet Parah, Ini Komentar Kemenhub

Adapun, Direktorat Jendral Pajak (DJP), mengungkapkan, hasil investigasinya, kebocoran data tersebut diduga berasal dari perangkat USER yang terinfeksi Malware.

“Perlu kami informasikan bahwa situs web pajak (djponline) dalam kondisi AMAN dan DAPAT DIAKSES secara normal sebagaimana biasanya,” dikutip dari cuitan akun resmi Ditjen Pajak @DitjenPajakRI, Kamis (3/3).

Untuk itu, Ditjen Pajak menghimbau kepada para Wajib Pajak agar segera mengganti password situs web pajak (djponline dengan password) yang lebih kuat dan aman agar tidak mudah diretas, serta memasang antivirus terupdate pada perangkat masing-masing untuk menghindari terinfeksi malware. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×