kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,80   9,76   1.04%
  • EMAS1.014.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kasus Pertama Muncul, Kemenkes Siapkan Vaksin Cacar Monyet


Minggu, 21 Agustus 2022 / 09:07 WIB
Kasus Pertama Muncul, Kemenkes Siapkan Vaksin Cacar Monyet
ILUSTRASI. Kementerian Kesehatan mengonfirmasi kasus pertama pasien positif cacar monyet atau monkeypox di Indonesia dan akan menyiapkan vaksin cacar monyet.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan mengonfirmasi kasus pertama pasien positif cacar monyet atau monkeypox di Indonesia. Pasien tersebut terkonfirmasi dari Jakarta berusia 27 tahun, laki laki dan saat ini sedang menjalani perawatan.

Menindaklanjuti temuan kasus pasien positif cacar monyet, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan pihaknya saat ini tengah mempersiapkan vaksin untuk penderita cacar monyet.

"Kami sedang memproses untuk pengadaan dan harus melalui rekomendasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Insya Allah ada sekitar 10.000 vaksin diadakan dan akan diberikan ke yang menderita cacar monyet yang sedang inkubasi dan kepada mereka yang kontak erat," jelas Syahril dalam keterangan pers daring, Sabtu (20/8).

Organisasi Kesehatan Dunia (WGO) memang belum memberikan rekomendasi melakukan vaksinasi cacar monyet secara massal. Namun, kata Syahril, vaksinasi ini untuk mencegah terjadinya penularan yang semakin parah.

"Vaksinasi cacar monyet, sementara ini WHO belum memberikan rekomendasi vaksinasi massal sebagaimana Covid. Ada 2 negara hingga 3 negara yang sudah melakukan vaksinasi," tambahnya.

Baca Juga: Ada Kasus Pertama Cacar Monyet di Indonesia, IDI Minta Masyarakat Tak Panik

Sejak WHO mengumumkan adanya cacar monyet, Syahril menambahkan, pemerintah Indonesia sudah bersiap menghadapi kasus penyakit akibat virus tersebut. Mulai dari penjagaan di pintu-pintu masuk kedatangan dari luar negeri, baik udara, laut, dan darat.

Persiapan yang dilakukan juga antara lain melakukan upaya kewaspadaan, edukasi, sosialisasi, hingga menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan untuk pasien.

"Kemudian fasilitas pelayanan kesehatan, baik itu penanganan awal, deteksi dan juga bagaimana pengobatan-pengobatan yang dilakukan apabila ada pasien cacar monyet," jelas Syahril.

Asal tahu saja, cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus cacar monyet. Virus cacar monyet berasal dari famili yang sama dengan virus penyebab cacar.

Oleh karena itu, gejalanya juga mirip dengan cacar biasa. Penyebab cacar monyet adalah virus cacar monyet yang merupakan anggota genus Orthopoxvirus dan famili Poxviridae.

Saat ini, terdapat dua jenis virus cacar monyet, yaitu yang pertama ditemukan di Afrika Tengah atau Basin Kongo, dan Afrika Barat.

Sementara, virus yang berasal dari Basin Kongo disebut lebih menular dan menimbulkan gejala yang lebih parah.

Baca Juga: Kasus Pertama Positif Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Ada Gejala Demam dan Ruam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×