kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kartu Prakerja gelombang 21, begini cara cek lolos atau tidak sebagai peserta


Senin, 20 September 2021 / 15:02 WIB
Kartu Prakerja gelombang 21, begini cara cek lolos atau tidak sebagai peserta
ILUSTRASI. Kartu Prakerja gelombang 21, begini cara cek lolos atau tidak sebagai peserta. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID -  Pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang 21 sudah ditutup pada Minggu (19/8) pukul 23.59 WIB. Begini cara cek lolos atau tidak sebagai peserta Kartu Prakerja.

Mengutip laman resmi Kartu Prakerja, Senin (20/9), pengumuman kelolosan ini bisa Anda cek dengan beberapa cara. Cara yang jamak bisa Anda lakukan ada dua: melalui akun Kartu Prakerja atau SMS.

Untuk mengetahui cara-cara tersebut dan melihat pengumuman kelolosan, coba dua cara ini: 

1. Dashboard Prakerja 

Cara pertama untuk mengetahui lolos atau tidaknya menjadi peserta Kartu Prakerja, Anda bisa secara berkala mengecek dashboard di laman Prakerja dengan login menggunakan akun masing-masing. 

Jika dinyatakan lolos, nomor Kartu Prakerja akan tertera dan muncul status saldo pada dashboard akun. Sedangkan jika tidak lolos, akan mendapatkan notifikasi pada dashboard dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”. 

Sementara untuk bisa melihat nomor Kartu Prakerja, Anda perlu menonton tiga video yang telah disediakan. 

Video tersebut berisi informasi dasar mengenai Kartu Prakerja, mulai dari mengenali tantangan di dunia kerja sampai penjelasan manfaat Kartu Prakerja. 

"Kamu juga tidak dapat menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Apabila kamu mengalami kendala saat menonton video, kamu dapat menghubungi kami di Formulir Pengaduan," tulis laman Prakerja.

Baca Juga: Per 16 September, BSU 2021 telah tersalurkan kepada 4,6 juta pekerja

2. SMS 

Selain melalui dashboard, Anda bisa mengecek melalui SMS. Biasanya, pelaksana Prakerja akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada peserta yang dinyatakan lolos. 

Pemberitahuan SMS ini dikirimkan ke nomor telepon yang Anda daftarkan saat membuat akun. Jadi, pastikan nomor yang Anda masukkan ketika mendaftar telah benar dan masih aktif. 

SMS diberikan saat tanggal pengumuman seleksi masing-masing gelombang. Jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka bisa mengikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk yang ada. 

Tapi kalau tidak lolos, jangan berkecil hati. Anda bisa mengikuti pendaftaran gelombang selanjutnya. 

"Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya," tulis Prakerja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kartu Prakerja Gelombang 21 Ditutup, Ini Cara Cek Lolos atau Tidaknya"

Penulis: Fika Nurul Ulya
Editor: Erlangga Djumena

Selanjutnya: 2 Kunci utama untuk masyarakat bisa hidup berdampingan dengan COVID-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×