kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapan Puncak Suhu Panas di Indonesia? Ini Informasi Lengkapnya


Jumat, 28 April 2023 / 05:14 WIB
Kapan Puncak Suhu Panas di Indonesia? Ini Informasi Lengkapnya
ILUSTRASI. BMKG menyampaikan bahwa suhu maksimum harian yang pernah tercatat mencapai 37,2 derajat Celsius. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cuaca panas sedang melanda beberapa negara di Asia dalam beberapa hari belakangan. Tak terkecuali di Indonesia. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa suhu maksimum harian yang penah tercatat mencapai 37,2 derajat Celsius lewat pengamatan stasiun BMKG di Ciputat pada Selasa (25/4/2023). 

Hingga kini, BMKG masih merilis suhu maksimum yang berada dalam kisaran 3,4 derajat Celsius hingga 3,6 derajat Celsius di beberapa lokasi di Indonesia. 

Lantas, apa penyebab, dampak, dan kapan puncak suhu panas akan terjadi di Indonesia? 

Penyebab suhu panas di Indonesia 

Dilansir dari akun Instagram @infobmkg, Sabtu (22/4/2023), BMKG mengungkap sejumlah penyebab suhu panas di Indonesia. 

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Klimatologi BMKG Dodo Gunawan menjelaskan, setidaknya ada lima penyebab suhu panas di Indonesia, yaitu: 

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Bandung - Cirebon, Termasuk Cipali Hari Ini (27/4): Hujan Kapan?

1. Dinamika atmosfer yang tidak biasa 
2. Suhu panas bulan April di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu Matahari, lonjakan panas tahun 2023 adalah yang terparah 
3. Tren pemanasan global dan perubahan iklim, gelombang panas "heatwave" semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering 
4. Dominasi monsun Australia, Indonesia memasuki musim kemarau 
5. Intensitas maksimum radiasi Matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan. 

Dampak suhu panas di Indonesia

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, suhu panas yang terjadi di Indonesia memiliki beberapa dampak untuk tubuh. 

"Jika sering terpapar cuaca panas, seseorang akan mengalami masalah kesehatan yang disebut heatstroke (dampak cuaca panas bagi tubuh)," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Rabu (26/4/2023). 

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Jakarta Hari Ini (27/4): Kira-Kira Hujan Turun Enggak, ya?

Heatstroke merupakan kondisi ketika tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan. Ini merupakan kondisi paling berat akibat cuaca panas. 

Selain itu, dampak lain dari cuaca panas bagi tubuh adalah dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi ketidakseimbangan yang ditandai dengan defisiensi atau kekurangan cairan dan elektrolit. 




TERBARU

[X]
×