kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapal pesiar mewah asal Hongkong datangkan 2.000 wisman ke Bintan


Minggu, 08 Juli 2018 / 17:56 WIB
ILUSTRASI.


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaku bisnis wisata kapal pesiar yang berbasis di Hong Kong yakni Dream Cruise untuk pertama kalinya bersandar di Pulau Bintan tepatnya di Pelabuhan Bandar Bentan Telani pada Sabtu (7/7).

Melalui kapal pesiar mewah yang dikelola yakni Genting Dream Cruise telah mendatangkan sebanyak 2.000 wisatawan mancanegara.

Indroyono Soesilo, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari Kementerian Pariwisata mengatakan kapal tersebut meletakkan jangkar di perairan internasional sehingga ada 4 kapal Ferry berkapasitas 240 orang diturunkan untuk menjemput para wisman tersebut.

"Sesampainya di pelabuhan para wisman tersebut disambut dengan Tari Sekapur Sirih serta dipasangkan Tanjak atau ikat kepala khas Bintan yang kemudian berlanjut dengan mengantri untuk mengurus administrasi dan setelah itu menuju bus-bus yang telah disediakan" ujarnya dalam siaran pers, Minggu (8/7).

Menurutnya, fasilitas di Pelabuhan tersebut sudah terbilang baik dan sudah luar biasa bagus namun yang harus difokuskan sekarang adalah cara untuk mendekatkan Dream Cruise ke darat yakni diharapkan waktu penjemputan ini di bawah 10 menit.

"Kapal Genting ini sebenarnya membawa 4.000 penumpang namun hanya setengahnya yang turun menjejakkan kaki di Bintan dan separuhnya menetap di kapal," ujarnya.

Selain itu, Thatcher Brown President of Dream Cruise mengatakan mayoritas penumpang berasa dari negara Asia Tenggara yakni Singapore, Malaysia, Tiongkok, India, Australia, serta Eropa.

Menurutnya, Bintan merupakan pulau yang fantastis dengan infrastruktur yang berstandar internasional dan pihaknya sudah lama berencana untuk berlabuh di Bintan namun terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan sehingga terjadi penundaan beberapa waktu yang lalu.

"Sebenarnya Bintan sejak lama sudah masuk dalam prioritas kami namun ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan sehingga kami baru tiba saat ini" ujarnya.

Selain itu, tambah Brown saat ini Dream Cruise memiliki 10 rute reguler diantaranya Thailand, Surabaya, Bali (Celukan Bawang), Hongkong, hingga Okinawa (Jepang) dan kini menjadi 11 destinasi termasuk Bintan.

"Ke depannya kami berharap dengan kehadiran Genting Dream Cruise untuk pertama kalinya di Bintan dapat membuka peluang kapal pesiar lain bisa hadir di Bintan" ujarnya.

Sementara Luki Zaiman, Kepala Dinas Pariwisata Bintan mengatakan, selama di Bintan para wisatawan tersebut akan dimanjakan dengan 30 unit bus dengan kapasitas 25 penumpang.

"Ke depannya agar kapal pesiar lain bisa masuk ke Bintan kami akan membangun berbagai infrastruktur baru khususnya di daerah Bintan yang tentunya diharapkan akan dapat menambah jumlah kunjungan wisman," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×