kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,67   -0,77   -0.08%
  • EMAS937.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

KAI sediakan GeNose untuk deteksi virus corona per hari ini, ini stasiun yang layani


Jumat, 05 Februari 2021 / 13:08 WIB
KAI sediakan GeNose untuk deteksi virus corona per hari ini, ini stasiun yang layani
ILUSTRASI. PT Kereta Api Indonesia gunakan GeNose C19 untuk deteksi virus corona bagi calon penumpang jarak jauh mulai Jumat (5/2/2021). Ada 4 stasiun yang bisa melayani test ini. Ini lokasinya ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai melayani test deteksi paparan virus corona atau Covid-19 dengan GeNose Test di stasiun mulai Jumat 5 Februari bagi penumpang kereta jarak jauh.

Layanan deteksi dari paparan virus corona atau Covid-19 ini menambah pilihan bagi calon penumpang, selain swab test antigen sebagai syarat perjalanan kereta jarak jauh.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan,  per hari ini, ada empat stasiun yang melayani GeNose Test sebagai deteksi dari paparan virus corona atau Covid-19.  Yakni Stasiun Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Tugu Yogyakarta, dan Stasiun Solo Balapan.

Baca Juga: ​Tarif Rp 20.000, ini 4 stasiun KAI yang sediakan layanan GeNose C19

"Awalnya kita jadwalkan hanya dua yaitu di Stasiun Senen dan Stasiun Yogyakarta, namun hari ini sudah bertambah dua lagi, ada di Gambir dan Solo Balapan yang melayani test GeNose untuk paparan virus corona," kata Joni kepada wartawan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (5/2).

KAI akan terus menambah jumlah stasiun yang melayani GeNose Test untuk deteksi corona. Stasiun dengan mobilitas penumpang tinggi akan jadi pilihan atas penambahan test deteksi  paparan virus corona atau Covid-19. “Bisa saja nanti di Surabaya, Cirebon, itu beberapa opsi yang akan kita tambahkan nanti," ucapnya.

Apalagi, pemeriksaan atau deteksi adanya virus corona (Covid-19) dilakukan lewat sampel diambil melalui embusan napas itu berbiaya lebih murah yakni Rp 20.000 per orang.  Jauh lebih murah dibanding rapid test antigen yang sebesar Rp 105.000 per orang.

Baca Juga: Hari ini berlaku, GeNose bisa gantikan PCR dan rapid test antigen untuk naik kereta

"Yang jelas stasiun-stasiun yang mobilitas penumpangnya tinggi, itu yang kita utamakan," ujarnya.

Berdasarkan catatan KAI, jumlah orang yang terlayani dengan GeNose Test atas paparan virus corona sudah mencapai 1.674 orang. Jumlah itu baru dua hari sejak dilakukan soft launching tanggal 3-4 di Stasiun Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

Perinciannya: tanggal 3 Februari, sebanyak 491 orang, tanggal 4 Februrai" 753 orang. "Totalnya jadi 1.244. Sedangkan di Yogyakarta selama dua hari itu 430 orang," tuturnya.

Adapun untuk Jumat 5 Febryari,  nomor antrean per jam 09.00 WIB di Stasiun Senen sudah sekitar 330-an, sementara terlayani sudah sekitar 150-an lebih.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
(VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2 Panduan cepat Strategi Pemasaran Berbasis KPI

[X]
×