kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kado HUT RI Ke-76, PUPR siap resmikan 4 bendungan dan 1 bendung


Minggu, 15 Agustus 2021 / 12:32 WIB
Kado HUT RI Ke-76, PUPR siap resmikan 4 bendungan dan 1 bendung
ILUSTRASI. Pembangunan Bendungan Way Sekampung


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menyambut HUT RI ke-76, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan 4 bendungan baru di sejumlah provinsi untuk memperkuat ketahanan air dan pangan nasional.

Empat bendungan multifungsi tersebut siap diresmikan untuk menambah suplai air irigasi pertanian, penyediaan air baku dan pengendalian banjir.

Pertama, Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Kedua, Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur.

Ketiga, Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan. Keempat, Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan Bendung Gilireng sebagai sistem irigasi yang airnya bersumber dari Bendungan Paselloreng juga telah selesai dan siap diresmikan.

Baca Juga: Kementerian PUPR percepat pembangunan jalan akses Pelabuhan Teluk Tapang

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan empat bendungan tersebut merupakan bagian Proyek Strategis Nasional (PSN).

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN yang bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku dan pengendalian banjir.

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya, sehingga dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam," kata Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (15/8).

Mengenai waktu peresmian, Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja menegaskan, pada prinsipnya Kementerian PUPR telah siap untuk meresmikan bendungan dan bendung di bulan Agustus ini.

“Kami menunggu petunjuk dari Istana. Saat ini Balai-Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) di lingkungan Ditjen Sumber Daya Air sedang melakukan perapihan-perapihan saja. Semoga 4 bendungan dan 1 bendung bisa menjadi Kado Kemerdekaan untuk HUT RI ke-76 ini,” ujar Endra.




TERBARU

[X]
×