kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Kabar baik! Alumni Kartu Prakerja kini bisa akses pinjaman usaha


Jumat, 09 April 2021 / 06:46 WIB
Kabar baik! Alumni Kartu Prakerja kini bisa akses pinjaman usaha
ILUSTRASI. Alumni Kartu Prakerja bisa mendapat Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada kabar baik bagi alumni peserta Kartu Prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan dan mendapat insentif sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah. 

Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian, Gede Edy Prasetya mengungkap, alumni Kartu Prakerja bisa mendapat Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan. 

Tak hanya itu, bank-bank ini akan menghubungi langsung alumni peserta Kartu Prakerja yang berminat menjadi wirausaha. Pasalnya, PMO Kartu Prakerja sudah memberikan data kepada Komite Kebijakan KUR pada 22 Maret 2021. Data pun sudah diunduh perbankan pada 25 Maret 2021. 

"Yang biasanya biasanya nyari-nyari KUR sekarang akan didatangi bank. Karena bank sudah punya data-data yang berminat menjadi wirausaha dengan mengakses KUR," kata Gede dalam Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja secara virtual, Kamis (8/4/2021). 

Baca Juga: Tak beli pelatihan, PMO cabut kepesertaan 11.000 penerima kartu prakerja gelombang 12

Gede menuturkan, alumni yang didatangi adalah alumni yang sudah menyatakan minat mendapat KUR dalam survei yang di-blast manajemen Kartu Prakerja di lamannya. 
Berdasarkan survei evaluasi Kartu Prakerja, ada 70 persen alumni yang menggunakan insentif sebesar Rp 2,4 juta untuk modal usaha. Sebanyak 17 persen atau 387.234 alumni yang tadinya tidak bekerja pun sekarang menjadi wirausaha. 

Survei ini membuktikan banyak alumni yang tertarik memulai usaha atau tengah menjalankan usahanya. Program KUR akan melengkapi insentif yang telah diberikan. 
"Jadi dalam beberapa hari bank sudah tahu dan akan datang ke tempat teman-teman (alumni Kartu Prakerja) untuk bisa menawarkan KUR," ungkap dia.

Baca Juga: Tidak lolos Gelombang 16 Kartu Prakerja 2021? Mungkin ini penyebabnya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×