kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45777,08   1,78   0.23%
  • EMAS934.000 0,32%
  • RD.SAHAM 0.24%
  • RD.CAMPURAN 0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Jumlah tenaga honorer yang lolos seleksi CPNS lebih banyak dibanding pelamar umum


Senin, 27 Januari 2020 / 14:57 WIB
Jumlah tenaga honorer yang lolos seleksi CPNS lebih banyak dibanding pelamar umum
ILUSTRASI. Kementerian PAN RB sebut, jumlah tenaga honorer yang lolos seleksi CPNS lebih banyak dibanding pelamar umum.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/pd

Sumber: TribunNews.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB, Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan pemerintah selama ini telah memprioritaskan untuk tenaga honorer beralih status menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Setiawan mengungkapkan berdasarkan data BKN, dalam seleksi CPNS pada kurun 2005 hingga 2014, terdapat pelamar dari tenaga honorer sebanyak 1.070.092 orang, sementara pelamar umum 775.884 orang yang lolos seleksi.

Baca Juga: Tes SKD CPNS mulai Senin pekan depan, ini imbauan BKN yang harus diperhatikan

"Artinya dari jumlah persentase keduanya kurang lebih adalah 58,8% berasal dari tenaga honorer dan 41,2% berasal dari pelamar umum," ucap Setiawan kantor Kemenpan RB, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (27/1).

Sementara tenaga honorer yang tidak lulus adalah 438.590 yang dinamakan eks tenaga honorer K-II. Menurut Setiawan, rasio jumlah jumlah PNS yang sudah lolos seleksi dari tenaga honorer 25,2% dan dari pelamar umum 18,1%.

Berdasarkan data tersebut, Setiawan mengungkapkan bahwa pemerintah selama ini sudah sangat memperhatikan pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS. "Niat pemerintah untuk menyelesaikan ini sangat besar, bahkan melebihi dari pelamar umum," tutur Setiawan.

Baca Juga: Pemerintah dan DPR bakal hapus tenaga honorer, begini detailnya

Meski begitu, Setiawan menyebutkan bahwa kelemahan yang sering ditemui adalah tenaga honorer yang diangkat masih belum tentu sesuai dengan posisi atau jabatan yang diharapkan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Kemenpan RB: Jumlah Tenaga Honorer Lolos Seleksi CPNS Lebih Banyak Dibanding Pelamar Umum"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×