kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jumlah penduduk miskin meningkat karena corona, begini skenarionya


Kamis, 16 April 2020 / 16:39 WIB
Jumlah penduduk miskin meningkat karena corona, begini skenarionya


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya mengganggu kesehatan, wabah corona (Covid-19) yang saat ini sedang melanda dunia dan Indonesia juga menekan perekonomian.

Menurut perkiraan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, wabah ini juga meningkatkan potensi bagi banyak masyarakat untuk kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Tak ayal, ini juga berpotensi meningkatkan angka kemiskinan.

Pemerintah pun menyusun dua skenario potensi peningkatan tingkat kemiskinan di Indonesia, yaitu skenario berat dan skenario sangat berat.

Baca Juga: Akan Ada Jutaan Pengangguran Gegara Corona, Pemerintah Tambah Insentif Pajak

Dalam skenario berat, Pemerintah memperkirakan tingkat kemiskinan bisa meningkat 9,59% dari base yang sebesar 9,15%. Sementara dalam skenario sangat berat, tingkat kemiskinan diperkirakan mampu melonjak hingga 10,56%.

Bila dilihat secara regional, dalam skenario berat, jumlah penduduk miskin di Pulau Jawa diperkirakan bisa meningkat 0,64 juta penduduk dalam tahun ini. Sementara jumlah penduduk miskin di Pulau Sumatera diproyeksikan bisa meningkat 0,28 juta jiwa.

Di Pulau Sulawesi, Pulau Bali, dan daerah Nusa, pemerintah meramal penduduk miskin bisa bertambah masing-masing 0,07 juta jiwa.

Sementara di Pulau Kalimantan diprediksi mampu bertambah 0,06 juta penduduk miskin, dan di Maluku serta Papua diperkirakan bisa bertambah 0,04 juta penduduk miskin.

Lebih lanjut, dalam skenario sangat berat, tambahan jumlah penduduk miskin di Pulau Jawa diprediksi bisa melonjak hingga 2,13 juta penduduk. Sementara di Pulau Sumatera diperkirakan bisa bertambah 0,85 juta.

Baca Juga: Dampak corona bisa mengerek tingkat kemiskinan ke level dua digit

Di Pulau Bali dan Nusa, jumlah penduduk miskin diperkirakan bisa bertambah 0,25 juta penduduk dan di Pulau Sulawesi bisa bertambah 0,24 juta penduduk.

Sementara itu, di pulau Kalimantan pemerintah memperkirakan jumlah penduduk miskin berpotensi meningkat 0,18 juta penduduk dan di Maluku serta Papua bisa bertambah 0,13 juta penduduk.

Dengan dua skenario yang telah disusun ini, pemerintah mengaku akan terus berupaya dalam mengurangi lonjakan angka kemiskinan dan pengangguran yang disebabkan oleh wabah Covid-19 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×