kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Jumlah kiriman cerutu bebas cukai dibatasi per akhir Januari, maksimal 5 batang


Senin, 20 Januari 2020 / 20:20 WIB
Jumlah kiriman cerutu bebas cukai dibatasi per akhir Januari, maksimal 5 batang
ILUSTRASI. A worker checks cigars at the quality control room at the H. Upmann Tobacco factory in Havana, Cuba, March 2, 2017. REUTERS/Alexandre Meneghini

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan membatasi jumlah kiriman cerutu yang diberi pembebasan cukai. Aturan ini tertuang dalam PMK 199/PMK.10/2019 dan akan berlaku per 30 Januari 2020.

Dalam beleid tersebut, tertulis hanya sejumlah 5 cerutu yang bisa mendapat pembebasan cukai. Sementara sebelumnya dalam PMK 112/PMK.04/2018, sebanyak 10 batang cerutu masih bisa bebas cukai.

Menurut Kasubdit Komunikasi Dan Publikasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Ditjen Bea Cukai) Deni Surjantoro, perubahan ini didasarkan pada dua pertimbangan, yaitu pertimbangan terkait value atau nilai barang dan berdasarkan rata-rata jumlah cerutu dalam satu kemasan.

Baca Juga: Harga rokok naik 35% per 1 Januari 2020, ini rincian lengkapnya

Pertama, berdasarkan nilai. Menurut kajian dari tim Ditjen Bea Cukai, hal ini terkait dengan pemangkasan batas nilai impor barang kiriman bebas bea masuk dan bebas pajak impor (de minimis value) yang sebelumnya US$ 75 menjadi US$ 3.

"Kalau dilihat, banyak cerutu yang harganya mahal dan kalau maksimal impor cerutu jumlahnya masih 10, maka selisih antara nilai total barang dengan de minimis value jadi berlebihan. Maka dari itu kita pangkas jadi maksimal 5 cerutu," jelas Deni kepada Kontan.co.id, Senin (20/1).

Kedua, terkait rata-rata jumlah cerutu, tim Ditjen Bea Cukai menemukan bahwa rata-rata jumlah cerutu dalam satu kemasan terkecil adalah 5 buah. Hal itu yang kemungkinan jadi pertimbangan peraturan ini.

Dengan adanya pemangkasan jumlah cerutu kiriman bebas cukai tersebut, Deni mengaku pemerintah tidak takut akan ada dampak negatif seperti adanya cerutu ilegal. Menurutnya, ini sudah dipertimbangkan secara masak oleh tim Ditjen Bea Cukai.

Baca Juga: Resmi, hari ini harga rokok naik menyusul kenaikan tarif cukai

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×