kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi tunjuk dua wakil menteri untuk bantu Erick Thohir


Jumat, 25 Oktober 2019 / 13:01 WIB
Jokowi tunjuk dua wakil menteri untuk bantu Erick Thohir
Calon Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Kartika Wirjoatmodjo, berjabat tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).


Reporter: Abdul Basith | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menunjuk dua orang menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir. Keduanya adalah Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo.

"Saya sama Pak Tiko (Kartika) diminta bantu Pak Erick," ujar Budi usai bertemu Presiden Joko Widodo, Jumat (25/10).

Budi mendapat mandat agar BUMN dapat merangkul masyarakat sehingga terkorporasikan. Dengan begitu, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Kartika yang juga bertemu Jokowi diminta untuk meningkatkan kompetensi BUMN. Jokowi mendorong agar BUMN dapat kompetitif dengan industri swasta.

Baca Juga: Dirut Mandiri Kartika Wirjoatmodjo datang ke Istana, akan dampingi Erick Thohir?

"Intinya pak presiden cuma ingin BUMN menjadi kompetitif, bisa menjadi pemain global semakin besar dan juga bisa bersama dengan swasta membangun perekonomian yang solid ke bawahnya," terang Kartika.

Keduanya saat ini masih menjabat sebagai Direktur Utama di perusahaan masing-masing. 

Kartika bilang akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Dirut Bank Mandiri lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Prosesnya diungkapkan Kartika berlangsung 40 hari ke depan. Sementara Budi akan lebih mudah mundur dari jabatannya mengingat PT Inalum bukan merupakan perusahaan terbuka.

Baca Juga: Diisukan jadi Wakil Menteri BUMN, ini kata dirut Bank Mandiri

Memiliki dua wamen akan terjadi pembagian kerja. Namun, pembagian tersebut belum dibahas menunggu rapat dengan Erick terlebih dahulu.

Asal tahu saja sebelumnya Erick memang meminta lebih dari satu wamen untuk membantunya bekerja. Hal itu mengingat kerja Menteri BUMN yang harus mengawasi 142 perusahaan pelat merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×