kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Titahkan BULOG Percepat Penyaluran Bantuan Pangan Tahap II


Selasa, 12 September 2023 / 04:29 WIB
Jokowi Titahkan BULOG Percepat Penyaluran Bantuan Pangan Tahap II
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo menugaskan Badan Pangan Nasional dan BULOG untuk segera menyalurkan beras Bantuan Pangan Tahap II.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa waktu terakhir, harha beras mengalami kenaikan. Menyikapi perkembangan tersebut, Presiden Joko Widodo menugaskan Badan Pangan Nasional dan BULOG untuk segera menyalurkan beras Bantuan Pangan Tahap II yang sebelumnya dijadwalkan pada Oktober 2023, menjadi September 2023.

Melansir laman Infopublik.id, Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak Presiden Jokowi dalam menugaskan kembali Perum BULOG dalam penyaluran program Beras Bantuan Pangan Tahap II untuk tiga bulan alokasi itu.

“Setelah sukses menyalurkan beras Bantuan Pangan tahap I yang lalu, BULOG siap untuk menyalurkan kembali beras Bantuan Pangan tahap II itu tepat waktu dan tepat sasaran sesuai arahan Bapak Presiden,” ujar Budi Waseso.

Dia mengatakan hal tersebut saat mendampingi Jokowi dalam rangkaian kunjungan kerja ke Gudang BULOG Dramaga Bogor dan ke Gudang BULOG Kelapa Gading Jakarta Utara yang bertujuan meninjau kecukupan stok Cadangan Beras Pemerintah serta melihat langsung penyerahan beras Bantuan Pangan Tahap II kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Bogor dan Jakarta Utara, Senin (11/9/2023).

Pemerintah terus mendorong peran strategis BULOG dalam menjaga ketahanan pangan nasional dan stabilitas pasokan serta harga pangan melalui program Bantuan Pangan yang terbukti efektif dampaknya pada tahap I yang lalu dalam menekan kenaikan harga beras.

Baca Juga: Indonesia Bakal Kedatangan 250.000 Ton Beras Impor dari Kamboja

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara, Menteri BUMN, dan Kepala Badan Pangan Nasional.

Jokowi meyakini penyaluran beras Bantuan Pangan Tahap II ini mampu meredam fluktuasi harga beras yang terjadi saat ini.

“Dengan stok Cadangan Beras Pemerintah yang sangat besar sebanyak 1,6 juta ton di Gudang BULOG dan ditambah sisa impor sebanyak 400 ribu ton maka stok kita ada sebesar 2 juta ton. Kemudian dengan kekuatan stok tersebut BULOG menggelontorkan beras Bantuan Pangan tahap II ini dan juga dengan operasi pasar di retail-retail modern serta pasar induk yang dibanjiri oleh BULOG maka ini akan mampu meredam kenaikan harga beras," kata Jokowi.

Baca Juga: Antisipasi Kenaikan Harga Beras, Presiden Jokowi Buka Opsi Impor Beras Tahun Depan




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×