kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45939,34   -24,39   -2.53%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi terbang ke Kalimantan cek kelayakan wilayah calon ibu kota


Selasa, 07 Mei 2019 / 12:04 WIB
Jokowi terbang ke Kalimantan cek kelayakan wilayah calon ibu kota


Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kalimantan untuk menindaklanjuti rencana pemindahan ibu kota negara. Presiden berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Balikpapan, Kalimantan Timur. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Dua provinsi tersebut sebelumnya merupakan dua dari empat provinsi yang menyampaikan paparan di Kantor Staf Presiden mengenai lokasi lahan untuk ibu kota baru. Sebelumnya Jokowi juga menyampaikan keseriusannya untuk memindahkan ibu kota. Pembahasan secara internal pun telah dilakukan sejak tiga tahun lalu.

"Kemudian 1,5 tahun yang lalu kami minta Bappenas untuk melakukan kajian yang lebih detail baik dari sisi ekonomi, sosial-politik, dan juga dari sisi lingkungan," ujar Jokowi dalam keterangan resmi, Selasa (7/5).

Jokowi meminta dukungan politik dari lembaga negara untuk pemindahan ibu kota negara ini. Ia mengatakan, nantinya pemerintah akan melakukan konsultasi baik secara politik dan hukum.

Menanggapi pemindahan ibu kota tersebut, Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, parlemen akan mendukung bila kajian dilakukan dengan matang. Termasuk dengan pembiayaan yang ditekankan oleh Jokowi agar tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Pelaksanaannya harus hati-hati karena pemindahan ibu kota satu hal yang tidak mudah," terang politisi Partai Golkar yang akrab disapa Bamsoet tersebut.

Pada kunjungan tersebut Jokowi didampingi oleh sejumlah menteri seperti Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri ATR/BPN Sofyan A. Djalil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×