kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Terbang ke Arab Saudi dan AS pada Jumat (10/11) Malam, Berikut Agendanya


Jumat, 10 November 2023 / 23:29 WIB
Jokowi Terbang ke Arab Saudi dan AS pada Jumat (10/11) Malam, Berikut Agendanya
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi memasuki pesawat kepresidenan


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS) selama hampir seminggu.

Dalam keterangan pers saat keberangkatan dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam, Presiden menyatakan akan kembali ke Tanah Air pada 17 November 2023.

Baca Juga: Terima Tanda Kehormatan dari Jokowi, Presiden FIFA: Terima Kasih dari Lubuk Hati Saya

"Saya dan rombongan insya allah akan meninggalkan San Fransisco pada 17 November setelah KTT (APEC) selesai dan kembali ke Tanah Air," ujar Jokowi dalam keterangan pers dari Bandara Internasional Juanda, sebagaimana dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat.

Dalam keterangannya, Presiden menjelaskan bahwa akan melakukan kunjungan ke Riyadh, Arab Saudi untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa kerja sama negara Islam (OKI), yang akan membahas mengenai situasi di Gaza, Palestina.

Menurut Jokowi, KTT itu sangat penting sebagai upaya tambahan untuk menghentikan serangan Israel atas bangsa Palestina. "Saya akan pertegas ruang agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat bantuan kemanusiaan dapat diperbesar," kata Jokowi.

Kemudian, dari KTT OKI di Riyadh, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Washington DC pada tanggal 12 November 2023.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo akan Bertemu Joe Biden di Gedung Putih Apa yang Dibahas?

Jokowi mengatakan, kunjungan tersebut merupakan kesempatan yang baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza dengan Presiden AS Joe Biden.

"Kunjungan ini (juga) merupakan kesempatan yang baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan," ujar Jokowi.

Dari Washington DC, Jokowi akan menuju ke San Francisco untuk menghadiri KTT APEC. Di KTT tersebut, Jokowi akan membawa isu pembangunan berkelanjutan dan pembangunan inklusif.

"Di sela-sela KTT APEC beberapa pertemuan bilateral dan beberapa pertemuan dengan kalangan bisnis di San Francisco akan kita lakukan," katanya. Jokowi dan delegasi terbatas kemudian akan kembali ke Tanah Air usai menghadiri KTT APEC tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berangkat ke Arab Saudi dan Amerika, Jokowi Akan Pulang ke Tanah Air pada 17 November"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×