kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Jokowi targetkan Tol Pekanbaru-Dumai rampung sebelum Lebaran


Jumat, 21 Februari 2020 / 14:51 WIB
Jokowi targetkan Tol Pekanbaru-Dumai rampung sebelum Lebaran
Presiden Joko Widodo bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit dan Dirut PT Hutama Karya Bintang Perbowo meninjau Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 1 di Rumbai, Riau (21

Reporter: Abdul Basith | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - RIAU. Presiden Joko Widodo menargetkan tol Pekanbaru-Dumai rampung sebelum Lebaran. Hal itu diutarakan Jokowi usai meninjau tol Pekanbaru-Dumai seksi I. 

Adanya tol tersebut dinilai akan memangkas waktu tempuh antara Pekanbaru ke Dumai. "Panjang dari Pekanbaru sampai Dumai itu 131 (km). Kita harapkan nanti insyaallah akhir April selesai. Bisa dipakai sehingga saat lebaran itu semua  sudah bisa lewat di sini," ujar Jokowi kepada wartawan, Jumat (21/2).

Baca Juga: Jokowi akan resmikan pabrik dan jalan tol di Riau, Jumat besok

Sebelumnya waktu tempuh dari Pekanbaru ke Dumai mencapai 5 jam. Namun dengan adanya tol tersebut Jokowi bilang waktu tempuh bisa turun hingga hanya 1,5 jam.

Tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian dari tol trans Sumatra. Jokowi optimis tol trans Sumatra bisa selesai sesuai target pada tahun 2024 mendatang. "Trans Sumatra ini 2.900 km kurang lebih, yang sudah operasi 460 km," terang Jokowi.

Sementara sepanjang 490 km saat ini sudah memasuki tahap konstruksi. Pengerjaan terus dilakukan melihat saat ini sepanjang 740 km akan dilelang.

Saat ini internal rate of return (IRR) masih pada angka 8% hingga 9%. Namun, pembangunan tol perlu segera dilakukan tanpa perlu menunggu IRR mencapai 12%.

Baca Juga: Butuh modal Rp 6 triliun, Adhi Karya (ADHI) akan rights issue dan ajukan PMN

Jokowi bilang dengan adanya tol akan meningkatkan daya saing industri di Sumatra. Pasalnya pergerakan orang dan barang akan semakin cepat di Sumatra.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×