kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45764,61   -6,06   -0.79%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Jokowi: Sepanjang 2019, 1.679 sekolah telah direnovasi


Jumat, 21 Februari 2020 / 16:28 WIB
Jokowi: Sepanjang 2019, 1.679 sekolah telah direnovasi
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo memberikan arahan pada pembukaan Rakornas Investasi 2020 di Jakarta, Kamis (20/2/2020). Rakornas yang membahas berbagai permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam rangka memfasilitasi investasi di daerah itu mengusung tema “Investasi

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pada tahun 2019 sebanyak 1.679 sekolah dan 177 madrasah dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dibangun maupun direnovasi.

”Di Provinsi Riau kita ada 164 sekolah yang juga kita kerjakan seperti tadi di Madrasah MTs Negeri di Pekanbaru tadi,” ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai meninjau Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas, Jumat (21/2), di Gerbang Tol Pekanbaru, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dilansir dari laman Setkab.

Baca Juga: Jokowi resmikan MTs Negeri 3 Pekanbaru, para siswa sambut antusias

Kepala Negara menjelaskan bahwa pembangunan yang dilaksanakan kualitasnya sebagaimana di MTs Negeri 3 yakni ada toiletnya yang standarnya dan telah ditentukan minimal bintang 3.

“Nah tadi yang dilihat bagus, saya cek airnya bagus, ya itu sebuah pendidikan. Karena 5 tahun ke depan kita ingin pengembangan sumber daya manusia (SDM),” tutur Presiden Jokowi.

Kalau sarana prasarana tidak memberikan dukungan, menurut Presiden, itu akan mustahil akan bisa dicapai pengembangan SDM.

Baca Juga: Sudah berubah, Jokowi: Riau padamkan titik api saat baru satu yang muncul

“Pengembangan SDM, pengembangan sumber daya manusia harus didukung oleh sarana prasarana yang lebih baik. Saya senang tadi, ada untuk tempat olahraganya, basket ada, badminton ada, voli ada,” tambahnya.

Menurut Presiden, memang lokasi MTs Negeri 3 seluas 2 hektare sehingga semua nanti akan seperti pembangunan di MTs tersebut. ”Pembangunan tidak hanya 1 ruang, hanya pembangunan 1 ruang, enggak akan rampung-rampung,” pungkas Presiden.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Beginilah ruang kelas dan suasana sekolah yang baru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3, Pekanbaru, yang saya tinjau, pagi ini. Madrasah tersebut salah satu sekolah yang telah direnovasi dan direhabilitasi oleh Kementerian PUPR dengan anggaran yang cukup besar: Rp14 miliar. Sebelum direnovasi, kondisi ruang-ruang belajarnya sangat memprihatinkan sehingga mengganggu proses belajar mengajar. Kementerian PUPR memang mendapatkan tugas tambahan untuk melakukan rehabilitasi dan renovasi sekolah, madrasah, perguruan tinggi, pasar dan membangun sarana prasarana olahraga. Sepanjang tahun 2019, kementerian ini telah melaksanakan rehabilitasi 1.679 sekolah dan 177 madrasah, termasuk madrasah di Pekanbaru ini.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×