kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.025,63   -7,01   -0.68%
  • EMAS932.000 -0,96%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Jokowi Segera Lantik Menteri PAN-RB Baru Pengganti Tjahjo Kumolo, Siapa Dia?


Jumat, 19 Agustus 2022 / 04:10 WIB
Jokowi Segera Lantik Menteri PAN-RB Baru Pengganti Tjahjo Kumolo, Siapa Dia?


Reporter: kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sudah lebih dari sebulan kosong. Kekosongan tersebut disebabkan karena wafatnya Tjahjo Kumolo pada 1 Juli 2022. 

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo sempat menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Menpan RB ad interim. 

Selanjutnya, terhitung 16 Juli 2022, jabatan itu diisi Menko Polhukam Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menpan RB. 

Merujuk surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 75 Tahun 2022, jabatan itu bakal diemban Mahfud hingga Jokowi melantik Menpan RB definitif. 

Kabar terbaru, Jokowi segera melantik Menpan RB pengganti Tjahjo. Pihak Istana menyebutkan, pelantikan Menpan RB yang baru bakal digelar minggu depan. 

"Insya Allah (minggu depan). Kita usahakan," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022). 

Baca Juga: Jokowi Belum Juga Lantik Pengganti Tjahjo Kumolo, Ini Penjelasan Istana

Saat disinggung soal nama-nama kandidat Menpan-RB, Heru enggan memberikan penjelasan. Dia hanya memastikan, Jokowi sudah mengantongi nama calon menteri itu. 
"Tapi yang jelas sudah ada di beliau (presiden). Dan ini ranah Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara, Pratikno) dan Pak Seskab (Sekretaris Kabinet, Pramono Anung)," ujar Heru. 

Heru menambahkan, lamanya pelantikan pengganti Tjahjo disebabkan karena kegiatan presiden yang sangat padat, mulai dari kunjungan ke berbagai daerah dalam dan luar negeri, hingga belakangan mempersiapkan pidato kenegaraan jelang HUT RI. 

"Doain ada waktu untuk beliau bisa (segera melantik)," tuturnya. 

Beberapa waktu lalu, sejumlah nama kader PDI Perjuangan sempat diisukan bakal ditunjuk menjadi Menpan RB. Sebagaimana diketahui, Tjahjo Kumolo sebelumnya merupakan kader partai banteng. 

Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat mengatakan, partainya tak kekurangan stok kader terbaik yang mungkin masuk ke kabinet. Beberapa kader yang dia sebutkan, mulai dari kepala daerah hingga elite partai. 

"Nah jadi kita banyak stok ada Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo), ada Pak Olly (Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey), sebagai gubernur, jadi kita banyak stok yang baik-baik lagi," kata Djarot di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (4/7/2022). 

Djarot mengatakan, gubernur-gubernur asal PDI-P itu punya hanyak pengalaman dalam tata kelola pemerintahan. 

Selain Ganjar dan Olly, beberapa nama lain juga disebut potensial mengisi kursi Menpan RB seperti Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto hingga Ketua DPP PDI-P Ahmad Basarah. 

Baca Juga: Presiden Kantongi Nama Calon Menteri PANRB

"Pak Hasto juga bisa. Artinya apa, kita banyak stok, Pak Basarah juga bisa, kita banyak stok ya dari PDI-P banyak stok," tuturnya. 

Namun, kala itu Djarot bilang, PDI-P menyerahkan sepenuhnya pengganti Tjahjo Kumolo ke Presiden Jokowi. Sementara, Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto sempat menepis kabar yang menyebutkan bahwa dirinya bakal menggantikan Tjahjo. 

Hasto berdalih lebih memilih membantu Megawati mengurus partai. "Nama-nama sudah dibahas. Siapa itu? Bukan saya, karena saya lebih memilih membantu Bu Megawati mengurus partai," kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (28/7/2022). 

Dia menambahan, "Kita partai (PDI-P) punya stok pemimpin yang banyak. Kalaupun saya ditawari, izin saya ngurus partai saja. Saya ngurus partai saat ini. Bukan menjadi pejabat." 

Hasto juga membantah bahwa Djarot Saiful Hidayat dan Olly Dondokambey diajukan partainya menjadi pengganti Tjahjo. Namun begitu, Hasto juga enggan membocorkan nama kader PDI-P yang akan diusulkan menjadi Menpan RB. 

”Bukan Pak Djarot. Kalau Pak Djarot, tugas beliau sebagai Ketua DPP Bidang Ideologi sangat berat. Pak Olly tetap gubernur. Sebelum diumumkan, nanti disampaikan,” kata Hasto dilansir dari pemberitaan Kompas.id, Senin (8/8/2022). 

Baca Juga: Prediksi Pengamat soal Siapa yang akan Menduduki Jabatan Menpan-RB

Dibahas bersama Megawati 

Sementara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan, Menpan RB pengganti Tjahjo dibahas Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. 
Memang, kata dia, penentuan nama menteri sepenuhnya hak presiden. Namun, kursi Menpan RB merupakan jatah PDI-P. 

"Ini keputusan bersama antara Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif mendapatkan masukan dari PDI Perjuangan, dari Ibu Mega, karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/8/2022). 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Segera Dilantik Jokowi, Siapa Menteri PAN-RB Baru Pengganti Tjahjo Kumolo?"

Editor : Fitria Chusna Farisa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×