kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,11   -24,03   -2.49%
  • EMAS929.000 -0,11%
  • RD.SAHAM 0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.20%

Jokowi: Saya senang Rusun Pasar Rumput untuk warga terdampak normalisasi Ciliwung


Senin, 20 September 2021 / 16:10 WIB
Jokowi: Saya senang Rusun Pasar Rumput untuk warga terdampak normalisasi Ciliwung
ILUSTRASI. Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR dan Gubernur DKI meresmikan Rumah Susun, Kios, dan Fasilitas Pasar Rumput, Jakarta Selatan (20/09/21).

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput beserta pasar/kios dan fasilitas pendukungnya untuk mendukung penyediaan rumah layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Prosesi peresmian ditandai dengan  penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Anies Baswedan dan perwakilan pedagang pasar di Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (20/9).

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Rusun Pasar Rumput memiliki keistimewaan karena dibangun dengan konsep terpadu atau mixed use development (guna lahan campuran).

Di bagian bawah digunakan sebagai tempat berdagang (pasar) dan di bagian atas digunakan sebagai tempat hunian beserta fasilitas pendukungnya, seperti PAUD, kantor, masjid hingga parkir.

Baca Juga: Jokowi resmikan Rusun Pasar Rumput

"Keberadaan pasar dengan fasos (fasilitas sosial) dan fasum (fasilitas umum) memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti dagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya. Saya senang Rusun ini juga direncanakan untuk menampung masyarakat yang terdampak program normalisasi Sungai Ciliwung," ungkap Jokowi melalui keterangan tertulis yang disiarkan Senin (20/9).

Rusun Pasar Rumput yang berlokasi di antara Terminal Manggarai dan Stasiun Dukuh Atas juga didukung jalur transportasi umum yang memudahkan penghuni melakukan pergerakan dengan menggunakan sarana transportasi umum.

"Keberadaan rusun ini semoga juga dapat meringankan beban masyarakat berpenghasilan rendah sebagai hunian yang nyaman dan terjangkau serta membantu fasilitasi  kegiatan produktif masyarakat," tutur Jokowi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Tuntas Mendelegasikan Tugas Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale Batch 4

[X]
×