kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45838,54   8,38   1.01%
  • EMAS948.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Jokowi resmikan tol Serpong-Pamulang dan tol Cengkareng-Kunciran


Kamis, 01 April 2021 / 12:00 WIB
Jokowi resmikan tol Serpong-Pamulang dan tol Cengkareng-Kunciran
Presiden RI Joko Widodo meresmikan dua jalan tol yaitu Jalan Tol Serpong – Cinere Ruas Serpong – Pamulang serta Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran, di Gerbang Tol Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis (01/04/2021).

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Cinere-Serpong ruas Serpong-Pamulang dan jalan tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

Dua jalan tol itu merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang menjadi pelengkap struktur jaringan di kawasan metropolitan Jabodetabek. Nantinya jalan tol dapat dimanfaatkan sebagai alternatif menuju bandara.

"Bisa menjadi alternatif khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," ujar Jokowi saat peresmian di Gerbang Tol Pamulang, Kamis (1/4).

Jokowi menyebut, nantinya jalan tol itu akan melancarkan mobilitas masyarakat. Jalan tol ruas Serpong-Pamulang memiliki panjang 10,1 kilometer (km) dan jalan tol ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki panjang 14,19 km.

Baca Juga: Hutama Karya (HK) optimistis tahun 2021 bisnis konstruksi akan kembali tumbuh

Jalan tol tersebut juga diyakini dapat memecah padatnya arus lalu lintas di Jakarta. Selain itu jalan tol juga akan memberikan manfaat bagi jalur distribusi.

"Melancarkan distribusi barang ke berbagai kawasan yang dilalui jalan tol ini sehingga menghemat waktu tempuh dan tentu saja menurunkan biaya logistik," terang Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan fungsi jalan tol tak hanya menjadi penghubung antar daerah. Jalan tol juga akan memingkatkan daya saing daerah.

Nantinya jalan tol akan membangkitkan ekonomi di kawasan sekitarnya serta mempercepat pertumbuhan sentra ekonomi baru. Oleh karena itu Jokowi mendorong pemerintah daerah untuk dapat memanfaatkan infrastruktur tersebut.

"Saya minta pemerintah daerah menjadikan infrakstukrur ini sebagai keunggulan dan moda penting untuk menarik investasi lebih banyak, investasi yang datang agar lebih banyak usaha-usaha baru yang dikembangkan dan ini akan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," jelas Jokowi.

 

Selanjutnya: Ini ke-7 ruas Tol Jabodetabek yang beroperasi tahun 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×