kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Resmikan Mesjid At Thohir, Ikon Baru Destinasi Wisata Religi di Indonesia


Kamis, 10 Maret 2022 / 13:30 WIB
Jokowi Resmikan Mesjid At Thohir, Ikon Baru Destinasi Wisata Religi di Indonesia
ILUSTRASI. Presiden Jokowi bersama Garibaldi Thohir dan Erick Thohir saat meresmikan Masjid At-Thohir di Tapos, Kota Depok, Rabu (09/03/2022).


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Mesjid At – Thohir di daerah Tapos, Depok pada Rabu (9/10). Masjid megah yang didominasi warna putih ini akan menjadi ikon baru destinasi wisata religi di Indonesia.

Mengutip siaran pers Kamis (10/3), selain sebagai tempat ibadah umat Islam, kehadiran mesjid ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman.

“Menjadi pusat dakwah yang modern, yang mencerdaskan, yang mencerahkan, dan tempat yang teduh untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi, mempererat persaudaraan antarsesama umat manusia, dan berkontribusi untuk membangun peradaban Indonesia yang lebih baik,” ujar Jokowi saat melakukan peresmian di Depok (9/3).

Jokowi juga berpesan agar Masjid At-Thohir bisa menjadi simpul dalam memperkuat toleransi, memperkuat moderasi beragama. Sehingga dapat menjadi rujukan dan inspirasi bagi kemajuan bangsa, serta menunjukkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Baca Juga: Menko Luhut: Arab Saudi Tertarik Bekerjasama di Proyek IKN

Dijelaskan Jokowi, keindahan dari arsitektur masjid tersebut mengingatkan arti penting keluarga dalam syiar Islam. Masjid dengan desain harmonis tersebut, lanjut Presiden, juga mengingatkan pentingnya arti keluarga dalam membentuk karakter Islami.

“Pesan penting tersebut tergambar sangat jelas melalui, tadi yang disampaikan oleh Pak Boy Thohir, kubah besar bagian paling atas atau kepala bangunan yang dikelilingi oleh tiga kubah berukuran sedang dan kecil, dan didesain sangat harmonis, sangat hangat, dan sangat indah,” tambahnya.

Mesjid At-Thohir yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik modern dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare. Mesjid bernuansa putih ini memiliki kapasitas 1.976 orang di area dalam masjid dan 1.395 di fasilitas pendukung plaza serbaguna.

Ketua Yayasan Mochamad Thohir, Garibaldi Thohir atau Boy Thohir mengatakan, pembangunan mesjid ini merupakan wujud nyata bakti anak kepada orangtua. Garibaldi pun berharap keberadaan Masjid At-Thohir dapat bermanfaat dalam memakmurkan masyarakat luas seperti pesan mendiang Mochamad Thohir.

“Kami sangat berharap agar Mesjid At-Thohir ini akan memberi peran penting dan bermanfaat luas, dan juga bisa memakmurkan masyarakat luas seperti pesan almarhum kepada kami,” ucap Boy.

Hadirnya masjid di kawasan properti ini juga melengkapi fasilitas di Podomoro Golf View (PGV) terutama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beribadah. Kemegahan masjid At Thohir akan menjadi destinasi wisata religi dengan daya tarik yang kuat, tidak hanya masyarakat di wilayah Depok dan Bogor namun masyarakat Indonesia secara luas.

Marketing Director PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN)  Agung Wirajaya mengatakan Podomoro Golf View sebagai bagian dari Agung Podomoro sangat bersyukur menjadi bagian dari masjid At Thohir yang dibangun di kawasan eksklusif seluas 60 hektare.

“Kawasan yang baik sejatinya dilengkapi dengan tempat peribadatan yang memberikan kenyamanan dalam beribadah. Sarana peribadatan yang mumpuni akan menjadi magnet baru untuk masyarakat dalam menjalankan aktivitas religi,” kata Agung.

Ia bilang, kehadiran Masjid At Thohir ini melengkapi Podomoro Golf View (PGV) sebagai kawasan dengan konsep one stop living hunian terpadu dengan bangunan superblok di mana penghuninya dapat melakukan semua aktivitas di kawasan yang sama.

“Kami meyakini kehadiran masjid At Thohir akan menciptakan pengalaman terbaik bagi penghuni wilayah Podomoro Golf View. Keberadaan masjid akan memudahkan penghuni dalam mengakses tempat beribadah tanpa harus keluar kawasan, demikian juga sebaliknya masyarakat sekitar di luar kawasan Podomoro Golf View juga dapat beribadah di sini,” kata Agung.

Ia memandang, kehadiran fasilitas ibadah di tengah kehidupan masyarakat modern dan heterogen tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga bisa difungsikan sebagai sarana edukasi untuk memperkuat struktur sosial di masyarakat. “Penghuni juga bisa memanfaatkan Masjid At-Thohir sebagai lokasi bermusyawarah demi kepentingan bersama seperti urusan sosial, kesehatan, dan ekonomi,” jelas Agung.

Podomoro Golf View yang merupakan kawasan prestisius milik Agung Podomoro salah satu pengembang terdepan dan terintegrasi ini telah menjual sebanyak 4400 unit apartemen dan empat cluster landed housing dan sold out. Rencananya dalam bulan Maret ini PGV juga akan memperkenalkan klaster terbaru yang super ekslusif di kawasan tersebut.

"Pada akhirnya PGV akan menjadi pelopor kawasan strategis masa depan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia," kata Agung.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Melantik Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita IKN Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×