kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,80   9,76   1.04%
  • EMAS1.014.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jokowi pimpin upacara ziarah nasional pada Hari Pahlawan


Rabu, 10 November 2021 / 11:38 WIB
Jokowi pimpin upacara ziarah nasional pada Hari Pahlawan
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo melakukan tabur bunga di makam Adam Malik dalam peringatan Hari Pahlawan, Rabu (10/11) di Taman Makan Pahlawan Kalibata.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak selaku inspektur upacara memimpin ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata.

Jokowi disambut oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Komandan Garnisun Tetap I/Jakarta Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya yang juga bertindak selaku perwira upacara dalam kesempatan tersebut. Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Komandan Upacara Kolonel Mar. Danuri.

Dalam suasana hening, sirene kemudian dibunyikan selama satu menit untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Kepala Negara selaku inspektur upacara selanjutnya memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Bekas Gubernur DKI Jakarta itu kemudian meletakkan karangan bunga yang diikuti oleh pembacaan doa bagi arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Selanjutnya, komandan upacara memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Baca Juga: Kasus meningkat, Jokowi perintahkan Menkes awasi kasus Covid-19 di 5 provinsi

Setelah itu, Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi oleh sejumlah jajaran terkait melaksanakan prosesi tabur bunga di pusara sejumlah pahlawan. Tabur bunga antara lain dilakukan di makam B.J. Habibie, Ainun Habibie, Taufiq Kiemas, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusumah, Soedarmono, Adam Malik, para pahlawan revolusi, hingga pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tak dikenal.

Dalam unggahannya di media sosial pribadi, Jokowi menyampaikan selamat Hari Pahlawan disertai gambar Bung Tomo dan tenaga kesehatan yang membawa Sang Merah Putih. Ia menyebut bahwa ujian zaman tak berkurang, tapi bangsa Indonesia makin kokoh bagaikan karang.

"Krisis, resesi, dan pandemi akan dapat kita lalui berkat para pejuang yang selalu hadir di semua palagan pengabdian saat dibutuhkan," ujar Jokowi dalam unggahannya.

Turut hadir dalam upacara tersebut yaitu Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin, dan Ketua Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata.

Selain itu hadir juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Selanjutnya: Cegah kasus Covid-19, pemerintah kaji aturan penerapan tes PCR saat libur akhir tahun

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×