kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi paparkan pesan moral di balik pidato soal Game of Thrones


Senin, 15 Oktober 2018 / 12:02 WIB
Jokowi paparkan pesan moral di balik pidato soal Game of Thrones
ILUSTRASI. Presiden Jokowi saat sesi pleno Pertemuan Tahunan IMF - World Bank


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Presiden Joko Widodo menjelaskan makna pidatonya di Annual Meeting IMF-World Bank 2018 di Bali yang menuai pujian dari sejumlah pemimpin negara sahabat.

Presiden menjelaskan hal itu di depan 1.000 lebih pemangku kepentingan Universitas Kristen Indonesia (UKI) dalam acara Lustrum Ke-13 UKI di Lapangan Bola Kompleks UKI, Jakarta Timur, Senin (15/10) pagi.

Ia mengawali dengan mengulang lagi isi pidatonya terdahulu, yakni mengibaratkan pertarungan negara-negara di dunia serupa film serial " Game Of Thrones".

"Perhelatan ekonomi dan politik dunia saat ini diwarnai pertarungan antar kekuatan- kekuatan besar, antarnegara-negara besar dan negara-negara elite," ujar Jokowi. "Kekuatan besar itu bagaikan sebuah roda besar yang berputar, seperti siklus kehidupan. Di saat suatu negara berjaya, sementara negara lain mengalami kemunduran dan kehancuran," lanjut dia.

Di saat pertarungan kekuatan itu, lanjut Jokowi, mereka tidak sadar bahwa ada ancaman yang jauh lebih besar yang bisa mengancam eksistensi keseluruhan dunia. Misalnya, perubahan iklim global dan penurunan ekonomi global. Jokowi melanjutkan, pesan moral dari pidatonya itu adalah konfrontasi dan perselisihan dalam bentuk apa pun akan mengakibatkan penderitaan.

"Bukan hanya bagi yang kalah, namun juga bagi yang menang. Ketika kemenangan juga dirayakan dan kekalahan juga diratapi barulah kedua-duanya sadar, tapi sudah terlambat," ujar Jokowi.

"Kalau sadarnya baru belakangan, kemenangan atau kekalahan dalam perang selalu hasilnya sama, yaitu dunia yang porak-poranda. Padahal, tidak boleh kita melakukan perusakan hanya untuk menghasilkan sebuah kemenangan. Juga tidak ada artinya kemenangan yang dirayakan di tengah kehancuran itulah pesan moral yang ingin saya sampaikan di saat annual meeting itu," lanjut dia.

Pidato penjelasan Presiden tersebut mendapat apresiasi meriah dari para peserta acara. (Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Pesan Moral di Balik Pidato Presiden soal "Game Of Thrones""

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×