kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45709,36   15,51   2.24%
  • EMAS908.000 -0,11%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

Jokowi pakai mobil baru, ini deretan mobil dinas para pemimpin dunia


Sabtu, 24 Agustus 2019 / 20:24 WIB
Jokowi pakai mobil baru, ini deretan mobil dinas para pemimpin dunia
ILUSTRASI. Mercedes-Benz

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah memutuskan untuk mengganti mobil lama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Mercedes-Benz S600 Guard. Penggantian mobil dinas Jokowi tersebut dilakukan melalui penunjukan langsung.

Sebelumnya, kendaraan inti yang dipergunakan Jokowi adalah Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, yang merupakan mobil kedinasan yang sudah dipakai sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dilansir dari pemberitaan Kompas.com (23/8), pemilihan Mercedes-Benz S600 Guard adalah karena beberapa pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian.

Perlu diketahui, mobil kedinasan yang ada saat ini adalah mobil buatan tahun 2008 dan 2009. Sebagai seorang pemimpin dan kepala negara, faktor keselamatan tentunya menjadi nomor satu. Maka tak ayal, para pemimpin atau seorang kepala negara mempunyai fasilitas mobil dinas yang spesial, baik dari kenyamanan dan keamanannya.

Baca Juga: Wow, Mobil Baru Presiden Jokowi Bisa Redam Hantaman Peluru Kaliber 7,62 MM premium

Berikut ini sejumlah mobil dinas kepala negara yang dikutip dari Kompas.com.

Bentley State Limousine (Inggris)

Dilansir dari inews.co.uk, mobil ini dianggap sebagai mobil pemimpin dunia termahal di dunia, dengan harga 11 juta poundsterling, atau sekitar Rp 190 miliar. Bentley yang satu ini dibuat khusus untuk Ratu Elizabeth's Golden Jubilee atau Ratu Elizabeth II pada tahun 2002.

Atap mobil ini dirancang tinggi untuk memudahkan penumpang masuk dan keluar dengan martabat yang sesuai. Pintu-pintunya juga bisa terbuka hingga sudut 90 derajat yang berarti penumpang bisa berjalan langsung keluar kendaraan tanpa harus terlalu banyak menunduk.

Namun, Bentley belum mengungkapkan fitur keselamatan pada mobil tersebut. Tetapi dalam sejumlah laporan menunjukkan bahwa kabin Bentley tersebut tahan ledakan dan kedap udara jika terjadi serangan gas.

Ban diperkuat dengan kevlar dan bagian utamanya juga anti peluru. Sejak dibuat, Bentley telah dikonversi untuk dijalankan pada bahan bakar minyak nabati.

Baca Juga: Mercedes-Benz terpilih menjadi mobil dinas presiden, bagaimana tanggapan pihak BMW?

Cadillac One (Amerika Serikat)

Masih dari situs yang sama, tipe Cadillac jenis baru telah dibuat untuk Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan mempunyai nama panggilan "The Beast". Limosin yang dibuat khusus lebih panjang dari dua SUV besar ini beratnya mencapai delapan ton.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×