kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jokowi minta jajarannya melakukan hilirisasi riset dan inovasi


Kamis, 06 Februari 2020 / 18:16 WIB
Jokowi minta jajarannya melakukan hilirisasi riset dan inovasi
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wapres Ma'ruf Amin (kanan) sebelum memimpin rapat kabinet terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/12/2019). Presiden memimpin tiga ratas yang membahas soal penyaluran dana desa tahun 2020, aksel

Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk melakukan hilirisasi riset dan inovasi.  Hal itu akan diarahkan menuju hilirisasi industri. Oleh karena itu, dalam rapat terbatas, Jokowi meminta agar segera dibuat peta jalan terkait dengan hilirisasi riset dan inovasi.

"Harus punya konsep yang jelas roadmap yang jelas dari riset sampai produksi secara masal," ujar Jokowi saat membuka ratas di Kantor Presiden, Kamis (6/2).  

Baca Juga: Konsumsi rumah tangga masih jadi pendorong pertumbuhan ekonomi semester I 2020

Jokowi menegaskan, riset dan inovasi harus terhubung ke dunia industri. Sehingga nantinya bisa dimanfaatkan untuk dunia usaha dan masyarakat.

Beberapa hasil riset dan inovasi didorong Jokowi untuk menjadi produk unggulan Indonesia. Antara lain pesawat nirawak atau drone yang berkaitan dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista), stem cell ortopedi, dan katalis untuk membuat bahan bakar nabati.

Baca Juga: Mandiri Investment Forum promosikan peluang investasi Indonesia

Pengembangan riset dan inovasi itu harus mengutamakan produk lokal. Hal itu berkaitan dengan mendorong rantai pasok nasional."Pengembangan harus terhubung, tersambung secara vertikal dari hulu hingga hilir," terang Jokowi.

Jokowi juga menegaskan penyederhanaan birokrasi untuk mendorong riset dan inovasi. Selain itu anggaran riset dan inovasi pun akan dikonsolidasi sehingga lebih efisien.




TERBARU

Close [X]
×