kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Minta Belanja K/L Terserap 95%, Begini Upaya Kemenkeu


Selasa, 12 Desember 2023 / 13:41 WIB
Jokowi Minta Belanja K/L Terserap 95%, Begini Upaya Kemenkeu
ILUSTRASI. Jokowi memerintahkan jajarnnya untuk mempercepat realisasi belanja pemerintah baik pusat maupun daerah


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarnnya untuk mempercepat realisasi belanja pemerintah baik pusat maupun daerah. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat Sidang Kabinet Paripurna, Senin (11/12). 

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara turut hadir dalam sidang kabinet tersebut. Ia mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut membahas kondisi perekonomian terkini dan persiapan Natal tahun 2023 dan tahun baru 2024. 

Ia menyampaikan, Presiden memberikan arahan agar seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) memperhatikan serapan APBN hingga akhir tahun 2023. Suahasil mengungkapkan bahwa Presiden menargetkan realisasi belanja K/L di atas 95%.

Baca Juga: Jelang Tutup Tahun 2023, Pemerintah Kebut Penyerapan Anggaran

“Kami melihat bahwa itu masih sangat dimungkinkan kalau kita bisa memanfaatkan seluruh 2 sampai 3 minggu ke depan secara optimal,” tutur Suahasil mengutip keterangan tertulis, Senin (11/12).

Adapun Terkait dengan tahun 2024, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya melihat stabilisasi harga dan memastikan kesiapan memasuki tahun 2024 dalam pelaksanaan APBN.

Suahasil menyampaikan, K/L  juga diarahkan agar bisa mulai melaksanakan APBN seawal mungkin sedini mungkin sejak bulan Januari.

Baca Juga: Pemerintah Kebut Penyerapan Belanja 2023

Sementara itu, mengenai penyaluran transfer ke daerah, Wamenkeu mengatakan Kementerian Keuangan akan mempercepat pelaksanaannya pada akhir tahun ini.

“Estimasi kita akan ada transfer dan moga-moga nanti bisa melengkapi kesiapan pemda juga untuk memaksimalkan penyerapan anggaran di tahun 2023 sehingga mendapatkan efek maksimal kepada pertumbuhan ekonomi kita,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×