kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi kembali resmikan tiga ruas tol Trans Jawa sesi Jawa Tengah


Kamis, 20 Desember 2018 / 17:03 WIB
Jokowi kembali resmikan tiga ruas tol Trans Jawa sesi Jawa Tengah
ILUSTRASI.


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - KENDAL. Usai meresmikan empat ruas tol trans Jawa di Jawa Timur, Presiden Joko Widodo kembali meresmikan tiga ruas tol di Jawa Tengah.

Tiga ruas tol itu adalah meresmikanTol Pemalang-Batang segmen Simpang Susun Pemalang-Pasekaran, Tol Batang-Semarang segmen Pasekaran-Simpang Susun Krapyak, dan Tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura.

Adapun ketiga ruas tol ini terbentang sepanjang 142 km. "Artinya sejak hari ini antara Merak-Grati,Pasuruan sudah tersambung dan bisa dilewati. Begitu juga dengan Jakarta-Surabaya juga sudah tersambung," ungkap Presiden saat peresmian di km 383, Kali Kuto, Kendal, Kamis (20/12).

Presiden pun berharap dengan hadirnya ruas tol ini masyarakat memiliki pilihan untuk menyusuri Jakarta-Surabaya, bisa lewat trans Jawa ataupun jalan nasional.

"Kita juga ingin mobilitas barang, logistik, orang juga bisa lebih cepat lagi, lebih mudah dan lebih murah," tambah dia. Kemudian, setelah terbangun tol ini juga diharapkan bisa terintegrasi dengan kawasan industri, kawasan ekonomi khusus dan kawasan wisata.

Tujuannya, agar bisa mendorong investasi-investasi yang bisa masuk ke kawasan industri. Sehingga, lapangan kerja diharapkan bisa terbuka sebanyak-banyaknya.

Lalu yang berkaitan dengan kawasan wisata juga diharapkan bisa berdampak baik dengan hadirnya tol ini. "Bisa dikembangkan lebih baik agar wisatawan yang datang lebih banyak dan bisa memberikan pertumbuhan ekonomi yang baik terhadap daerah-daerah yang kita lalui," tutur Presiden.

Adapun, tiga ruas tol ini sudah bisa dilalui saat libur Natal dan Tahun Baru dan masih gratis, sepanjang masa operasional hingga Januari 2019.

View this post on Instagram

Empat ruas jalan tol Trans Jawa seksi Jawa Timur baru saja saya resmikan dari kilometer 671 di Jombang, Jawa Timur. Dengan demikian, sejak hari ini, jalan tol Jakarta-Surabaya sudah tersambung dan bisa dilalui kendaraan. Jalan tol ini hanya bagian dari Trans Jawa yang terentang dari Merak di ujung barat hingga Banyuwangi di ujung timur Pulau Jawa sepanjang 1.150 kilometer. Saat ini, jalan dari Merak hingga Pasuruan sepanjang 933 kilometer telah tersambung. Pembangunannya dilaksanakan sejak 1978 hingga akhir tahun 2018: sepanjang 242 kilometer dibangun pada periode 1978-2004, kemudian 75 kilometer dibangun pada 2005-2014, dan sepanjang 616 kilometer dibangun pada periode 2015-2018. Jika tak ada aral melintang, ruas selebihnya, yakni Pasuruan-Banyuwangi sepanjang 217 kilometer akan tuntas dibangun pada tahun 2021. Rampungnya jalan tol ini saya harapkan memiliki efek terhadap perekonomian, terutama untuk kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×