kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi janji bangun Aceh secepatnya


Jumat, 09 Desember 2016 / 19:47 WIB
Jokowi janji bangun Aceh secepatnya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

BIREUEN. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan pengeras suara di masjid untuk menyampaikan maksud kedatangannya di Aceh. Usai blusukan ke lima lokasi terdampak gempa sepanjang Jumat (9/12/2016) pagi hingga siang, Jokowi menunaikan ibadah shalat Jumat di Masjid Besar Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen.

Selepas shalat, Jokowi meraih mikrofon masjid lalu menyampaikan pidatonya. Berikut pernyataan Jokowi itu :

"Saya datang ke Pidie, ke Pidie Jaya dan ke Bireuen, khususnya Kecamatan Samalanga ini, ini kota santri. Saya ingin memastikan kepada semuanya berada dalam keadaan baik."

"Ini cobaan Allah kepada kita dan marilah dengan cobaan yang diberikan kepada kita ini, kita hadapi dengan rasa sabar, tabah, rasa tawakal dan Insya Allah kita segera mencarikan solusi agar kita bisa kembali ke dalam kehidupan yang normal kembali."

"Pemerintah pusat akan berusaha sekeras-kerasnya untuk segera membangun kembali, terutama fasilitas-fasilitas umum, baik masjid, pondok pesantren, sekolah-sekolah, dalam kurun waktu secepat-cepatnya."

"Kemudian rumah masyarakat yang juga rusak juga akan diberikan stimulan bantuan. Memang tidak banyak. Tapi semoga bisa mendorong agar pembangunan kembali di Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun, Kabupaten Pidie Jaya dan Pidie bisa normal kembali".

Selain tersambung ke perangkat pengeras suara di dalam masjid, mikrofon Jokowi itu juga tersambung ke pengeras suara di atas menara masjid setinggi kurang lebih 20 meter.

Oleh sebab itu, pesan Jokowi tidak hanya didengar oleh jamaah shalat Jumat, tetapi juga didengar orang di kampung tersebut.

Seiring dengan itu, warga, terutama ibu-ibu lalu berbondong-bondong mendatangi masjid sembari membawa anak-anak mereka. Mereka berebut salam dan berfoto bersama dengan Presiden.

Masjid itu merupakan titik terakhir di lokasi gempa yang didatangi Jokowi. Selepas shalat Jumat, Jokowi langsung terbang menggunakan helikopter di lapangan dekat masjid menuju Banda Aceh.

Dari Banda Aceh, Jokowi bertolak ke Jakarta menggunakan pesawat kepresidenan. Sebelumnya, Presiden menjamin pemerintah akan membangun kembali seluruh bangunan yang rusak akibat gempa di Aceh.

"Kerusakan, baik gedung sekolah, pesantren, kantor pemerintah dan masjid, itu ditangani oleh Kementerian PU. Kalau sekolah, ditangani Kemendikbud. Ini langsung dikerjakan," ujar Jokowi di sela meninjau posko pengungsian di Kantor Bupati Pidie Jaya, Jumat pagi.

Sementara untuk rumah penduduk, pemerintah akan memberikan bantuan berupa uang untuk pembangunan kembali. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah daerah setempat masih mendata, berapa rumah yang mengalami kerusakan.

Nantinya, besaran bantuan akan dikategorikan menjadi dua. Untuk rumah yang dikategorikan rusak berat, diberikan bantuan sebesar Rp 40 juta.

Sementara, rumah yang dikategorikan rusak ringan akan diberikan bantuan sebesar Rp 20 juta. "Uang itu agar nantinya bisa dipakai untuk stimulan membangun kembali rumah atau bangunan yang ada," ujar Jokowi.

(Fabian Januarius Kuwado)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×