kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.01%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Jokowi jajal LRT 100 persen bikinan Indonesia


Rabu, 09 Juni 2021 / 12:00 WIB
Jokowi jajal LRT 100 persen bikinan Indonesia
ILUSTRASI. Jokowi jajal LRT 100 persen bikinan Indonesia

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menjajal kereta cepat ringan (LRT) untuk pertama kali. Kepala Negara Republik Indonesia tersebut terpukau dengan LRT yang dijajalnya.

Pasalnya, moda transportasi yang akan melayani wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) itu merupakan buatan Indonesia.

"LRT yang ini 100% dikerjakan oleh PT INKA yang nanti akan dioperasikan oleh PT KAI jadi semuanya dikerjakan di Indonesia, termasuk juga pembangunan konstruksinya oleh PT Adhi Karya," ujar Jokowi usai menjajal LRT, Rabu (9/6).

Moda transportasi tersebut ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2022 mendatang. Saat ini pembangunannya telah mencapai  84,7%.

Baca Juga: Tinjau LRT Jabodebek, Jokowi tergetkan operasional 2022

Hasil kerja sama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan meningkatkan daya saing di luar Indonesia. Jokowi bilang Indonesia akan melalukan ekspor LRT ke depan. "Sekarang kan kita sudah ekspor kereta ke Bangladesh, ke Filipina, dan kita harapkan LRT juga akan seperti itu," terang Jokowi.

Jokowi menyampaikan testimoni usai menjajal LRT buatan Indonesia tersebut. Ia bilang selama perjalanan LRT terasa sangat halus dan tanpa suara serta nyaman.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan hingga saat ini pengerjaan kereta LRT masih terus dilakukan. Tercatat telah selesai 26 rangkaian dari total 31 rangkaian. "Ini menunjukkan bahwa kita melakukannya dengan tepat, konservatif," jelas Budi.

Waktu satu tahun disampaikan Budi akan cukup mengerjakan proses yang tersisa. Termasuk dengan pengujian keselamatan yang penting bagi industri transportasi.

Selanjutnya: Kalangan milenial semakin melek investasi properti

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×