kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45697,73   -32,02   -4.39%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jokowi hidupkan lagi jabatan wakil panglima TNI, siapakah yang paling berpeluang?​


Kamis, 07 November 2019 / 16:20 WIB
Jokowi hidupkan lagi jabatan wakil panglima TNI, siapakah yang paling berpeluang?​
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Menkopolhukam Wiranto (ketiga kanan), Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (ketiga kiri) dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kedua kanan) usai Rapat Pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Pol

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, satu dari tiga kepala staf yang memimpin satuan Tentara Nasional Indonesia saat ini berpeluang diangkat menjadi Wakil Panglima TNI.

"Ya saya pikir para kepala staf punya kans untuk itu," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Baca Juga: Jokowi kembali hidupkan Jabatan Wakil Panglima TNI

Jabatan wakil panglima TNI ini sebelumnya dihidupkan kembali oleh Presiden Joko Widodo lewat Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia.

Berdasarkan pasal 13 ayat (1) perpres tersebut, jabatan wakil panglima TNI ditujukan untuk perwira tinggi dengan pangkat jenderal bintang empat. Saat ini, selain Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, ada tiga jenderal bintang empat.

Mereka adalah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna, dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Adji.

Baca Juga: Istana: Pembangunan di Papua tak berhenti karena teror dan kekerasan

Moeldoko mengatakan, penentuan wakil panglima bisa langsung dari Presiden Joko Widodo. Namun, bisa juga Panglima TNI memilih langsung. Moeldoko juga menegaskan, langkah Jokowi menghidupkan kembali jabatan wakil panglima sudah melalui kajian sejak ia masih menjabat sebagai Panglima TNI.

Moeldoko yang menginisiasi wacana tersebut. "Jadi bukan kebutuhan praktis," kata dia. (Ihsanuddin)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiga Kepala Staf Berpeluang Jabat Wakil Panglima TNI",
 




TERBARU

Close [X]
×